Warga Tanah Datar yang ingin berangkat haji harus sabar hingga 2037

id daftar tunggu haji,kuota haji,ibadah haji

Ilustrasi - (Foto Dok/Didik Suhartono)

Batusangkar,  (ANTARA) - Daftar tunggu pemberangkatan ibadah haji dari Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat sudah terisi hingga 2037.

"Untuk pendaftaran haji di Tanah Datar, jika mendaftarnya pada 2019 ini maka berangkatnya pada 2037. Karena daftar tunggunya sudah terisi," kata Kabag Kesra Tanah Datar Arizon di Batusangkar Senin.

Menurutnya panjangnya antrean keberangkatan haji di Tanah Datar dikarenakan membaiknya perekonomian masyarakat setempat dan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menunaikan ibadah haji memenuhi rukun Islam tersebut.

Ia mengatakan warga Tanah Datar yang telah mendaftar sebagai calon haji hingga 2037 dikantor kemenag setempat tersebut telah mencapai sekitar 4.250 orang.

Sementara dari kuota yang ditetapkan provinsi, rata-rata calon haji yang berangkat dari Kabupaten Tanah Datar ke tanah suci hanya sebanyak 250 orang.

Sementara Kasie Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Tanah Datar Muhammad Algafari menyatakan kuota haji untuk Kabupaten Tanah Datar setiap tahunnya tidak sama, tergantung berapa yang ditetapkan oleh provinsi.

Pada tahun 2018, Tanah Datar memberangkatkan sebanyak 285 calon haji sementara untuk 2019 hanya memberangkatkan sebanyak 243 orang calon haji.

Ia menyatakan dengan terbatasnya kuota pemberangkatan haji akan membuat daftar tunggu calon jamaah haji di daerah itu akan semakin bertambah.

"Untuk saat ini saja diperkirakan calon haji yang sudah mendaftar mencapai sekitar 4.250 orang, sementara keberangkatan setiap tahunnya rata-rata hanya 250 orang," ujarnya.

Antrean tersebut tidak saja terjadi di Kabupaten Tanah Datar tetapi juga terjadi di daerah lain di Indonesia karena pembatasan calon haji oleh pemerintahan Arab Saudi.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar