Harga cabai merah di Agam semakin "pedas"

id Cabai Merah,Harga Cabai Merah,Harga Cabai,Pasokan Cabai

Pedagang cabal di Pasar Raya Padang (Antara Sumbar/Laila S)

​​​​​​​Lubukbasung (ANTARA) - Harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Agam, Sumatera Barat, naik dari Rp45 ribu menjadi Rp70 ribu per kilogram semenjak satu minggu yang lalu akibat pasokan menipis di pengumpul.

"Harga cabai itu naik semenjak Kamis (4/7) sampai sekarang dan ini berdasarkan informasi yang kita peroleh dari sejumlah pedagang di Pasar Impres Padang Baru Kecamatan Lubukbasung, Pasar Balai Selasa Kecamatan Lubukbasung dan lainnya," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha, Kecil dan Menengah Agam, Nelfia Fauzana di Lubukbasung, Senin.

Menurutnya harga cabai merah ini naik akibat persediaan cabai merah di sejumlah pedagang pengumpul menipis setelah petani tidak ada panen raya di daerah penghasil seperti Kecamatan Matur, Ampekkoto, Ampekangkek, Banuhampu, sejumlah kabupaten kota di Sumbar.

Sementara cabai dari Pulau Jawa gagal panen setelah sebagian daerah mengalami kekeringan.

"Biasanya cabai merah dari Pulau Jawa itu penyeimbang pasokan di Agam, namun dengan kondisi gagal panen berpengaruh untuk semua daerah," katanya.

Dengan mahalnya harga cabai itu, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumbar dalam menyikapi naiknya harga cabai itu dan meminta untuk melakukan operasi pasar di Agam.

"Kita telah berkoordinasi dengan Pemprov Sumbar dalam menyikapi naiknya harga cabai merah itu," katanya.

Selain harga cabai naik, katanya, beras Ir 42 juga naik dari Rp11 ribu menjadi Rp11,5 ribu per kilogram, beras benang pulau dari Rp10 ribu menjadi Rp11 ribu per kilogram, gula pasir lokal dari Rp12 ribu menjadi Rp15 ribu per kilogram.

Sedangkan minyak curah dari Rp9,5 ribu menjadi Rp10 ribu per kilogram, daging ayam broiler Rp48 ribu menjadi Rp50 ribu per ekor, daging ayam kampung Rp50 ribu menjadi Rp60 ribu per ekor dan lainnya.

Untuk harga kebutuhan yang turun seperti beras kuruik kusuik dari Rp14 ribu turun menjadi Rp11,5 ribu per kilogram, cabai rawit dari Rp60 ribu menjadi Rp35 ribu per kilogram, bawang merah dari Rp35 ribu menjadi Rp28 ribu per kilogram, bawang putih dari Rp34 ribu menjadi Rp33 ribu per kilogram.

Harga jengkol dari Rp50 ribu menjadi Rp40 ribu per kilogram, harga petai dari Rp40 ribu menjadi Rp30 ribu per kilogram, ikan asin teri dari Rp60 ribu menjadi Rp40 ribu per kilogram, ikan nila dari Rp30 ribu menjadi Rp28 ribu per kilogram dan lainnya.

Sementara harga bahan kebutuhan pokok yang normal seperti, daging sapi Rp120 ribu per kilogram, beras benang pulau Rp11,5 ribu per kilogram dan lainnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar