Jalan Padang-Bengkulu tergenang air

id Jalan Padang-Bengkulu,Jalan tergenang air,Pesisir Selatan

Jalan lintas sumatera Padang-Bengkulu tepatnya di Kampung Siguntur Muda yang digenangi luapan air hujan. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

​​​​​​​Painan (ANTARA) - Jalan lintas Sumatera Padang-Bengkulu tepatnya di Kampung Siguntur Muda, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat tergenang air setinggi 15 centimeter akibat drainase di lokasi tidak mampu menampung debit air.

"Sejak beberapa jam terakhir hujan turun dengan lebat sehingga drainase tidak mampu menampung debit air. Akhirnya air meluap hingga menggenangi badan jalan," kata warga setempat, Zulkifli (52), Senin.

Hal tersebut, tambahnya tidak hanya terjadi kali ini namun kerap terjadi jika hujan turun dengan intensitas yang lebat.

Situasi saat ini, imbuhnya cukup berbahaya bagi pengendara karena luapan air juga membawa material lumpur sehingga mengakibatkan jalan menjadi licin.

Meluapnya air ke badan jalan terjadi di dua lokasi di kampung setempat dan memberikan dampak yang sama terhadap badan jalan.

Saat ini di lokasi baik kendaraan roda dua, empat atau lebih pengemudinya memilih untuk pelan-pelan ketika melewati lokasi guna meminimalkan risiko kecelakaan.

Bahkan diantara kendaraan tersebut khususnya roda dua ada yang mogok akibat luapan air yang menggangu kinerja mesinnya.

Beberapa orang warga di lokasi terlihat mulai membantu mengarahkan dengan memberikan aba-aba kepada pengguna jalan agar mereka berhati-hati melintas di lokasi.

"Jika tidak diberi aba-aba tentu situasi ini berisiko bagi pengendara, apalagi jika melewati lokasi dengan kecepatan tinggi," kata Faisal (30).

Ia dan kawan-kawannya melakukan tindakan mulia tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap pengendara, sekaligus bentuk kekecewaan terhadap pemerintah yang tak kunjung memperbaiki drainase di daerah setempat.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar