Melalui gerai Goola, Gibran kembangkan minuman lokal secara modern

id Gibran Rakabuming,Goola,Minuman lokal

Melalui gerai Goola, Gibran kembangkan minuman lokal secara modern

Gibran Rakabuming dalam peresmian outlet terbaru Goola di kawasan Sudirman Central Business District (SCBD), Pacific Place, Jakarta, Jumat (5/7/2019). (ANTARA News/ Zubi Mahrofi)

Jakarta (ANTARA) - Kebanggaan atas cita rasa khas nusantara dan keinginan untuk memajukan produk lokal ke ranah internasional, memotivasi putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming, untuk membuka gerai minuman bernama Goola.

"Dengan hadirnya Goola, kami ingin menumbuhkan rasa cinta dan mengedukasi masyarakat terhadap produk asli Indonesia melalui modernisasi minuman tradisional," ujar Gibran Rakabuming dalam peresmian outlet terbaru Goola di kawasan Sudirman Central Business District (SCBD), Pacific Place, Jakarta, Jumat.

Melalui Goola, Gibran mengajak masyarakat untuk memiliki "local pride" (kebanggaan lokal). Goola mentransformasi minuman tradisional seperti es doger, es cincau, dan ketan hitam dengan penyajian yang kekinian dan penamaan yang tak kalah unik seperti Es Doger Jeger dan Es Merdeka 45.

Sebagai bentuk deklarasi kebangkitan minuman nasional, Goola menghadirkan 22 ragam kreasi minuman khas Nusantara dengan menggunakan bahan asli 100 persen Indonesia yang dikemas secara kekinian.

"Ragam menu minuman berasal dari Sabang hingga Merauke dan topping seperti authentic coconut foam yang siap bersaing dengan tren minuman dari luar yang sedang merajalela," jelas Gibran Rakabuming sebagai inisiator awal Goola.

Minuman Goola dari Gibran Rakabuming (ANTARA/Zubi M)


Di tengah maraknya tren minuman "brown sugar" dan "bubble tea", Goola turut menghadirkan versi khas lokal yaitu Es Goola Aren, yang menggunakan "bubble" ala Indonesia yaitu sagu mutiara (Bubble 45) serta susu kelapa dan gula aren.

"Minuman tradisional sepeni Es Doger Jeger, Es Ketan Hitam, Es Cincau menjadi menu andalan dari Goola," ucap ayah dari Jan Ethes.

Selain itu, Goola juga menyediakan seri lain dari minumannya yaitu Coffee Series, Tea Series, dan Refreshing Series. Minuman pada series itu juga tidak melupakan sentuhan khas nusantara seperti misalnya Es Jerit (Jeruk Nipis Mutiara) yang menjadi salah satu menu pelepas dahaga.

"Goola ingin mengembangkan tren konsumsi minuman manis ke cita rasa lokal. Kalau tren minuman dari luar bisa populer di berbagai negara, inilah saatnya minuman khas Indonesia juga dicintai dan dikenal secara global," kayanya.

Dalam beberapa tahun ke depan, Gibran mengatakan akan melakukan ekspansi ke beberapa negara di Asia Tenggara.

Goola pertama kali didirikan di Cikini, Jakarta pada 17 Agustus 2018 lalu. Karena bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia, Goola pun mengusung tema kemerdekaan minuman lokal.

Gibran Rakabuming bekerjasama dengan dua pengusaha muda yaitu Kevin Susanto dan Benz Budiman untuk membangun Goola.

Goola meresmikan dua outlet terbarunya hari ini (Jumat, 5/7) di lokasi strategis yaitu Pacific Place dan Plaza Indonesia, guna memudahkan para penikmat minuman manis untuk mengkonsumsi minuman asli Indonesia dan menggeser tren minuman ke cita rasa lokal.

Selain di Pacific Place dan pLaza Indonesia, gerai Goola juga terdapat di Tokopedia Tower dan Mall Kelapa Gading. (*)