Sunatan massal di Kinali, Wabup: patut dicontoh

id Sunatan massal,Pasaman Barat

Sunatan massal di Kinali, Wabup: patut dicontoh

Puluhan anak laksanakan sunatan massal di Kecamatan Kinali yang diadakan oleh BKAN-STS Kinali , Jumat (5/7).

Simpang Empat, - (ANTARA) - Lebih dari 70 anak di Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) mengikuti sunatan massal yang diadakan oleh Badan Kerjasama Antar Nagari Sayang Tak Sudah (BKAN-STS) Kinali sebagai aksi sosial di daerah itu, Jumat.

Wakil Bupati Pasaman Barat, Yulianto mengatakan aksi sosial berupa khitanan ini patut dicontoh oleh kecamatan lainnya. "Ini adalah kegiatan mulia dan manfaatnya terasa langsung di lingkungan masyarakat serta harus dicontoh oleh para camat dan para wali nagari lainnya yang ada di Pasaman Barat," katanya.

Menurutnya ini sangat membantu masyarakat dalam mengurangi beban masyarakat. "Jadikanlah kegiatan sunatan massal ini sebagai bentuk perwujudan persatuan dan kekompakan," ujarnya.

Ia menyebutkan momentum sunatan masal sebagai kewajiban untuk berhijrah menuju nilai-nilai kebaikan serta sebagai bentuk komitmen pelaksanaan ajaran sunnah nabi.

"Harapan kegiatan ini menjadi sebuah pemahaman yang mendasar atas penerapan segala bentuk Sunatullah segala sandi kehidupan pribadi, berorganisasi maupun bermasyarakat," sebutnya.

Selain itu Ketua BKAN- STS Kinali, Jon Helmat Joni didampingi Kepala Sekretariat, Jasmir Sikumbang mengatakan sunatan massal itu bertujuan mewujudkan Ukhuwah Islamiah di antara sesama umat muslim khususnya masyarakat Kinali dan sekitarnya.

Selain itu juga untuk membantu meringankan beban orang tua yang kurang mampu untuk mengkhitankan anaknya dengan saling berbagi dan merealisasikan program BKAN-STS melalui program bantuan sosial.

Ia menyebutkan bakti sosial sunatan masal ini diadakan di dua tempat. Pertama di Posyandu Mandiagin yang dilaksanakan pada, Kamis (4/7) dan di Aula Kantor Camat Kinali pada Jumat (5/7).

Jumlah anak yang mengikuti sunatan masal ini lebih kurang 70 orang. Setiap peserta khitanan juga diberikan bingkisan baju koko dan sarung.

Jasmir Sikumbang menambahkan selain mengadakan sunatan massal, sebelumnya pihaknya juga telah melakukan beberapa kegiatan sosial seperti pengadaan satu ekor sapi bergilir per jorong di 16 Kejorongan di Nagari Kinali dan dua Kejorongan di Nagari Katiagan.

Disamping itu juga sudah melakukan bedah rumah untuk enam unit rumah warga kurang mampu di Kecamatan Kinali dengan pagu dana Rp20 juta lebih setiap rumahnya. (*)