Dinsos buka kesempatan jadi calon orang tua bayi yang ditemukan di Tanjung Gadang

id penemuan bayi,payakumbuhj,sumbar

Bayi perempuan yang masih berumur beberapa hari yang ditemukan di Kelurahan Tanjung Gadang, Sungai Pinago, Payakumbuh Barat pada Ramadan 1440 Hijriah lalu. (Antara Sumbar/Syafri Ario)

Payakumbuh, (ANTARA) - Dinas Sosial Kota Payakumbuh, SumateraBarat membuka kesempatan bagi masyarakat yang berminat mengasuh bayi yang ditemukan di Kelurahan Tanjung Gadang, Sungai Pinago, Payakumbuh Barat pada Ramadan 1440 Hijriah lalu.

"Ya, saat ini kami sedang membuka registrasi dan inventarisasi bagi calon orang tua yang ingin mengasuh bayi tersebut," kata Kepala Dinas Sosial Payakumbuh, Idris di Payakumbuh, Rabu.

Ia menjelaskan Dinsos akan melakukan proses seleksi bagi calon orang tua yang telah mendaftar sesuai ketentuan yang berlaku.

"Bagi yang berminat silakan datang ke kantor Dinsos Payakumbuh hingga 16 Juli 2019," kata Idris.

Proses seleksi tersebut mengacu kepada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan Surat dari Kepolisian RI per tanggal 26 Juni.

Calon orang tua asuh yang mendaftar akan diberi kesempatan untuk melengkapi berkasnya sampai 23 Juli.

Seperti diberitakan sebelumnya, saat Ramadan lalu warga Kelurahan Tanjung Gadang, Sungai Pinagogeger dengan penemuan bayi perempuan yang masih berumur beberapa hari yang diduga dibuang oleh orang tuanya, Minggu pagi (2/6) sekitar pukul 08.00 WIB.

Bersama pemuka masyarakat setempat, bayi tersebut dibawa petugas kepolisian ke RSUD Adnaan WD Payakumbuh.

Sekda Payakumbuh Rida Ananda saat itu menginstruksikan agar OPD terkait yaitu Dinsos untuk menanggung semua kebutuhan dan biaya perawatan bayi.

"Sampai saat ini bayi tersebut masih dirawat di RSUD hingga proses adopsi selesai," ujar Idris. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar