Lahirkan generasi hebat, Kak Seto dorong daerah penuhi hak anak

id Seto Mulyadi,pesisir selatan,padang,sumbar

Lahirkan generasi hebat, Kak Seto dorong daerah penuhi hak anak

Kak Seto foto bersama Bunda PAUD Pesisir Selatan Lisda Hendrajoni dan Sekretaris Daerah Kabupaten setempat Erizon sebelum menjadi nara sumber pada seminar Guru Milenial di gedung Painan Convention Centre, Rabu. (ist)

Painan, (ANTARA) - Psikolog anakSeto Mulyadi yang populer dengan sapaan Kak Seto mendorong daerah untuk memenuhi hak-hak anak agar mereka tumbuh menjadi generasi hebat yang akan melanjutkan pembangunan bangsa.

"Hak anak banyak, mulai dari pemenuhan gizi, pendidikan, ruang bermain, tidak dieksploitasi, bebas dari kekerasan dan lainnya," kata Seto Mulyadi usai menjadi nara sumber seminar Guru Milenial di Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar, Rabu.

Khusus di Kabupaten Pesisir Selatan, ia mengapresiasi kebijakan-kebijakan yang diambil kepala daerah setempat, karena sudah mengarah ke pemenuhan hak anak.

Ke depan agar fasilitas dan kebijakan terus dimaksimalkan sehingga kabupaten ini menerima prediket sebagai kabupaten ramah anak.

Menurutnya gelaran seminar Guru Milenial di Pesisir Selatan merupakan salah satu langkah agar hak anak terpenuhi yaitu di sektor pendidikan.

"Pada seminar ini saya menekankan agar hak-hak anak berupa pendidikan mesti dipenuhi, tidak hanya di sekolah namun juga di rumah dan hindari anak dari kekerasan," imbuhnya.

Perihal memaksimalkan pendidikan anak, ia berharap para guru tidak hanya di Pesisir Selatan, namun di seluruh daerah di Indonesia terus dilatih secara berkelanjutan.

Pelatihan tersebut menurutnya tidak hanya sebatas beban daerah, namun juga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sehingga terselenggara dengan maksimal.

"Kami juga mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengambil alih dalam melatih guru, terutama guru berprestasi dengan mengirim mereka belajar ke negara-negara yang telah mendapat prediket ramah anak, dan selanjutnya diterapkan di Indonesia," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir SelatanZulkifli menyebutkan seminar Guru Milenial tersebut diikuti 3.000 guru asal daerah setempat.

Selain Kak Seto pada seminar itu juga hadir motivator Dedi Vitra Johor sebagai nara sumber. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar