Reinier harapkan mahasiswa KKN dapat beradaptasi dan kreatif berkegiatan

id KKN Unand,Reinier

Wakil Wali Kota Solok, Reinier saat menerima kedatangan mahasiswa KKN Unand di Solok, Selasa. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Solok (ANTARA) - Wakil Wali Kota Solok, Sumatera Barat, Reinier mengharapkan 135 mahasiswa Universitas Andalas yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Solok dapat dengan mudah beradaptasi dan kreatif dalam berkegiatan.

"Salah satu tujuan dan maksud kegiatan KKN untuk menumbuhkan mental positif insan akademik untuk melakukan adaptasi dan kreasi konstruktif di bidang pengabdian masyarakat," kata Wakil Wali Kota Solok Reinier di Solok, Selasa, saat menerima kedatangan mahasiswa.

Menurutnya, Kuliah Kerja Nyata merupakan sebuah upaya nyata yang berawal dari sebuah konsep keilmuan yang diimplementasikan dalam wujud pengabdian seorang insan berpendidikan dalam sebuah komunitas.

Untuk sebuah kesuksesan, setiap individu mahasiswa juga dituntut untuk mampu beradaptasi dan bersosialisasi secara aktif tidak hanya di lingkungan kampus saja tetapi juga di masyarakat.

Salah satunya adalah kemampuan berinteraksi secara mandiri dan aktif dalam suatu kegiatan yang menciptakan manfaat dan maslahat bagi lingkungan masyarakat.

Karena itu, Reinier berharap para mahasiswa KKN semua sudah memiliki formulasi yang jelas dan terarah sebelum melakukan kegiatan ini, seperti kerja nyata di lapangan sembari mencatat poin-poin ilmu praktis dalam lingkungan masyarakat.

"Karena keilmuan mahasiswa tidak berhenti pada teori-teori saja, namun ada ilmu yang dapat langsung diterapkan di masyarakat," ujarnya.

Mahasiswa perlu belajar dari lingkungan Sosial sebagai wujud aktualisasi diri, tidak hanya terpaku dan berkutat dengan buku-buku ilmiah di kampus saja.

Reinier juga menyebutkan mahasiswa sebagai agen penggerak perubahan, memegang tongkat estafet kepemimpinan di masa mendatang harus berperan aktif untuk menjadi pelopor terbentuknya perekonomian nasional yang tangguh.

"Oleh karena itu, sudah saatnya dilakukan perubahan paradigma berpikir di kalangan mahasiswa dan pemuda yaitu dari pola pikir sempit, dari mencari kerja menjadi pencipta lapangan kerja," ujarnya.

Ketua rombongan mahasiswa KKN, Dekan FMIPA Unand Mansyurdin di Solok, Selasa menyebutkan, Kota Solok sebagai salah satu Kota dari 15 kabupaten dan kota di Sumatera Barat yang menjadi daerah tujuan KKN tahun ini.

Selain itu, juga terbagi ke Provinsi Riau, Sumatera Utara dan Maluku, serta KKN di luar negeri, Vietnam, Malaysia, dan Jepang.

Mahasiswa sebanyak 135 orang dari 15 fakultas akan melaksanakan KKN mulai 2 Juli sampai 10 Agustus 2019.

Sementara itu, Ketua LKAAM Kota Solok, Rusli Khatib Sulaiman menyampaikan Kota Solok suatu daerah sangat unik, yakni nagari dalam kota, kota dalam nagari.

Rusli mengingatkan agar tetap saling berkoordinasi, jangan lupa dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung.

"Nanti mahasiswa KKN akan kami bawa untuk mengikuti kegiatan adat di Kota Solok," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar