Gerindra Sumbar: mari maju pilgub dengan cara yang baik

id Gerindra Sumbar,Pilgub Sumbar,Nasrul Abit,Pilkada 2020

Gerindra Sumbar: mari maju pilgub dengan cara yang baik

Ketua DPD Gerindra Sumbar Nasrul Abit. (ANTARA SUMBAR/ Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat Nasrul Abit mengajak semua pihak yang ingin maju pada Pemilihan Gubernur setempat periode 2021-2026 untuk saling menghargai dan tidak menggunakan kampanye hitam.

"Tujuan maju sebagai calon gubernur adalah untuk mengabdi dan memajukan daerah. Mari lakukan dengan cara yang baik, tanpa kampanye hitam," kata Nasrul Abit di Padang, Selasa.

Nasrul yang juga menjabat sebagai Wakil Gubernur Sumbar menilai nama yang mengapung saat ini adalah tokoh terbaik dari daerah itu. Siapapun yang terpilih nantinya, tentu akan memberikan yang terbaik untuk daerah.

Ia menyarankan calon yang akan maju di Sumbar agar mengenali kelebihan sampai kekurangan yang ada di daerah itu agar bisa merancang visi dan misi sesuai dengan kebutuhan daerah dan masyarakat.

Baca juga: Mahyeldi Ansharullah siap maju pada Pilgub Sumbar 2020 jika ditunjuk partai

Baca juga: Pilgub Sumbar, Golkar mulai lalukan penjajakan dengan parpol lain


"Pelajari geografi Sumbar, potensi wisata, budaya, agama, ekonomi dan lain-lain. Jadi nanti para pemimpin tahu apa prioritas. Karena APBD Sumbar kan tidak terlalu besar," katanya.

Terkait pencalonan dari DPD Gerindra Sumbar menurut Nasrul akan mengutamakan kader sendiri. Tetapi siapa yang akan menjadi calon masih belum bisa ditentukan karena ada mekanisme yang harus dilewati.

Ia mempersilakan kader-kader potensial dari daerah itu untuk bersaing sebagai calon gubernur Sumbar dengan cara-cara yang baik dan sesuai ketentuan partai.

Nasrul sendiri sebagai pimpinan Partai Gerindra belum bisa memastikan akan ikut maju dalam kontestasi politik di Pilkada Sumbar 2020, karena ia pun harus mengikuti proses sesuai mekanisme yang biasa dilakukan Partai Gerindra.

Gerindra memiliki nama-nama potensial yang berpeluang menjadi calon gubernur seperti Suir Syam, Edriana dan Andre Rosiade. Partai itu juga memiliki "modal" besar karena memiliki 14 kursi DPRD Sumbar atau lebih dari 20 persen sehingga bisa mengusung sendiri tanpa berkoalisi dengan partai lain.

Baca juga: PAN usung Ali Mukhni dan Epyardi Asda di Pilgub Sumbar 2020

Baca juga: Demokrat usung Mulyadi dalam Pilgub Sumbar 2020