Latih ketangkasan, 100 relawan Tanah Datar diberi pelatihan penanganan bencana

id Irdinansyah Tarmizi,siaga bencana,tanah datar,sumbar

Peserta pelatihan mitigasi bencana di Batusangkar Selasa (2/7). (Antara Sumbar/Etri Saputra)

Batusangkar, (ANTARA) - Sebanyak 100 orang relawan bencana yang merupakan perwakilan dari 25 nagari di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat diberi pelatihan penanganan bencana oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Kepala pelaksana BPBD Tanah Datar Thamrin di Batusangkar Selasa, menyatakan pembentukan relawan bencana bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dalam penanganan bencana.

"Untuk meminimalkanbencana bisa dimulai dari pra bencana, saat bencana, dan pascabencana. Sementara yang kita lakukan merupakan mitigasi bencana dan kesiapsiagaan bencana," katanya.

Ia mengatakan pembentukan relawan bencana merupakan bentuk bukti kalau Pemkab Tanah Datar berkomitmen terhadap penanggulangan bencana.

Tanah Datar adalah daerah yang memiliki medan yang bergelombang dan memiliki gunung api aktif dan curah hujan yang tinggi serta dilewati dua sesar aktif gempa bumi, yakni sesar Sianok dan sesar Sumani yang bisa terjadi kapan saja.

"Apa pun bisa terjadi di Tanah Datar kecuali tsunami, untuk itu perlu pelatihan bagi relawan bencana dengan memanfaatkan potensi masyarakat," katanya.

Sementara Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengatakan letak geografis daerah yang ia pimpin merupakan daerah berbukit dan bergelombang sehingga membuat petugas dari BPBD kesulitan dalam mengakses suatu peristiwa yang terjadi.

Dengan terbentuknya relawan yang berusia muda dengan usia maksimal 40 tahun diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan BPBD dalam penanggulangan bencana di Nagari.

Tidak saja tangkas dalam meminimalisir bencana relawan juga aktif dalam menjaga lingkungan dengan melakukan patroli rutin dititik rawan bencana, seperti kebakaran hutan, banjir, maupun longsor. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar