Ingin jelajahi Gunjantino, pegiat wisata Pesisir Selatan siapkan mobil Offroad gratis

id Ronald Bernando,pesisir selatan,sumbar,pariwisata,Gunjantino

Ingin jelajahi Gunjantino, pegiat wisata Pesisir Selatan siapkan mobil Offroad gratis

Camat Bayang Utara, Ronald Bernando di kawasan Gunjantino. (ist)

Painan, (ANTARA) - Pegiat wisata Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menyediakan mobil offroad gratis bagi wisatawan yang ingin menjelajah kawasan objek wisata Gunung Jantan dan Batino atau Gunjantino yang ada di daerah itu.

"Demi kepopuleran kawasan Gunjantino saya siap meminjamkan mobil offroad milik saya ke setiap wisatawan yang ingin menikmati pesonanya," kata Wali Nagari Puluik-Puluik, Jumrizal di Painan, Selasa.

Penggunaan mobil tersebut tanpa dipungut biaya, bahkan jika situasinya agak genting ia berkenan membelikan bahan bakar minyak untuk operasional mobil tersebut.

"Kebahagiaan tersendiri bagi saya jika ke depan kawasan Gunjantino populer baik dalam maupun luar negeri," imbuhnya.

Apalagi sebutnya kawasan Gunjantino berada di nagari yang saat ini ia pimpin, sehingga kepopulerannya juga secara langsung akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

Mendorong kawasan Gunjantino menjadi objek wisata andal, pihaknya mengaku juga telah menggelar pelatihan bagi masyarakat setempat dengan menghadirkan pelaku-pelaku usaha pariwisata.

"Kami sadar tidak mudah menjadikan sebuah lokasi menjadi objek wisata yang populer dan setelah populer tidak mudah juga untuk mempertahankannya, makanya secara perlahan kami mulai memberikan pelatihan ke masyarakat," sebutnya.

Sementara itu, Camat Bayang Utara, Ronald Bernando mengatakan di kawasan Gunjantino sudah terdapat sirkuit Grasstrack sehingga penunggang sepeda motor trail bisa sepuasnya beraksi di lokasi.

Selain bagi profesional, jalur sirkuit tersebut juga disediakan bagi pemula, sehingga setiap wisatawan yang datang bisa menyesuaikannya.

Selain berhawa sejuk kawasan Gunjantino juga menyajikan pemandangan yang menakjubkan, di sebelah timur dan utara terhampar perbukitan dengan pepohonan yang menghijau.

Berikutnya di sebelah barat terdapat air terjun Batuang yang mempesona dan sebelah selatan terbentang panorama Samudera Hindia yang maha luas. (*)