Padang Panjang luncurkan program Dokter Warga dan Tim PSC

id Dokter Warga,Program kesehatan Padang Panjang,Dinkes Padang Panjang

Kepala Dinas Kesehatan Padang Panjang Nuryanuwar saat pelepasan tim kesehatan yang akan bertugas, Senin (1/7). (Dok. Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat meluncurkan program Dokter Warga yang akan memudahkan masyarakat memperoleh layanan kesehatan dan Tim Public Safety Center (PSC) untuk layanan kesehatan 24 jam.

Kepala Dinas Kesehatan Padang Panjang Nuryanuwar di Padang Panjang, Senin, mengatakan kedua program tersebut merupakan program prioritas kepala daerah setempat yang juga pernah disampaikan saat rapat paripurna serah terima jabatan kepala daerah Oktober 2018.

"Masyarakat dapat memanfaatkan layanan ini mulai hari ini melalui telepon 08116660119," katanya.

Ia menerangkan dalam pelaksaan tugas, Tim PSC akan dipusatkan di kantor Pemadam Kebakaran Padang Panjang dan Dokter Warga bertugas di pos kesehatan yang ada di kelurahan.

Tim PSC beranggotakan satu orang dokter, satu orang perawat, satu orang operator dan satu unit ambulan beserta tenaga supir. Sementara Dokter Warga beranggota satu orang dokter, satu orang perawat dan satu orang tenaga kesehatan.

Perbedaan dari dua tim tersebut yaitu Tim PSC hanya dapat dimanfaatkan untuk kondisi darurat saja atau kondisi yang membutuhkan penanganan cepat seperti jika seseorang mengalami serangan jantung.

Sedangkan Dokter Warga dimaksudkan untuk lebih mendekatkan masyarakat dengan layanan dan informasi seputar kesehatan agar dapat mendukung terciptanya masyarakat yang sadar dengan gaya hidup sehat.

"Jika selama ini dokter ada di puskesmas atau rumah sakit, kini di pos kesehatan kelurahan juga ada. Informasi dan layanan kesehatan jadi semakin dekat dan memudahkan masyarakat," ujarnya.

Selain itu Dokter Warga juga dapat melayani dengan mengunjungi rumah-rumah warga sekiranya tidak bisa meninggalkan rumah. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar