10 Juli, calon haji asal Solok berangkat ke Tanah Suci

id Musim Haji 2019,Caloh Haji asal Solok,Embarkasi Padang

Jamaah Calon Haji (JCH) melintas di samping "Bukit Shafa" saat mengikuti pemantapan manasik haji tahap akhir musim haji 2019 di Lhokseumawe, Aceh, Sabtu (29/6/2019). (ANTARA FOTO/Rahmad/ama)

Solok (ANTARA) - Sebanyak 125 calon haji asal Kota Solok, Sumatera Barat, akan berangkat ke Tanah Suci pada 10 Juli 2019.

"Jumlah ini sudah tetap mengingat kuota ini sudah membayar Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahap II dan selesai pemeriksaan kesehatan," kata Pelaksana Teknis (Plt) Kementerian Agama setempat, Afrizen di Solok, Senin.

Ia menyebutkan calon haji akan memasuki embarkasi dari Solok menuju pada 9 Juli 2019, dan menuju Mekkah pada 10 Juli 2019.

Saat ini, calon haji sudah selesai mengikuti manasik haji dari masjid di Kecamatan masing-masing.

Untuk pelunasan Biaya Penyelenggaran Ibadah Haji (BPIH) tahap II dimulai dari 30 April hingga 7 Mei 2019. Setelah pelunasan biaya haji tahap II, baru Kemenag memberikan bimbingan selama delapan kali di kecamatan dan dua kali di tingkat Kota.

Ia menyebutkan kuota jamaah haji 2019 untuk daerah itu meningkat dari 2018 yang hanya 115 orang.

Para calon haji terus diingatkan agar menjaga kondisi kesehatan supaya dapat mengikuti semua proses haji dengan baik.

Dari pemeriksaan awal sejauh ini semua calon haji asal Kota Solok dalam keadaan baik, tidak ditemukan ada yang mengalami masalah kesehatan serius.

Calon jamaah telah mengurus paspor dan akan melakukan pemeriksaan biometrik sebagai syarat untuk mengambil visa.

Pemeriksaan biometrik adalah metode untuk mengenali seseorang berdasarkan ciri-ciri fisik, karakter, dan perilakunya secara otomatis. Pengenalan karakter ini dilakukan melalui retina, sidik jari, pola wajah dan sebagainya.

"Biaya haji embarkasi Sumbar tahun ini sesuai Perpres Rp32,9 juta," sebutnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar