Festival Pesona Budaya Minangkabau Digelar Desember

id festival minangkabau

Kepala Dinas Pariwisata Tanah Datar, Abdul Hakim. (ANTARA SUMBAR/ Etri Saputra)

Padang (ANTARA) - Festival Pesona Budaya Minangkabau sebagai salah satu iven tahunan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat bakal digelar pada 4 hingga 7 Desember 2019.

"Setelah melalui proses dari Kementerian Pariwisata dan ketua pelaksana 100 Calender of Iven bahwa ajang Festival Pesona Budaya Minangkabau digelar pada 4 sampai 7 Desember," kata Kepala Kadis Pariwisata Tanah Datar Abdul Hakim di Batusangkar, Minggu.

Ia mengatakan pelaksanakaan iven tersebut akan digelar dengan meriah dan diharapkan berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan ke Tanah Datar sehingga meningkatkan pendapatan asli daerah.

Hal itu juga telah didukung oleh sarana dan prasarana dengan telah dibangunnya hotel bintang empat yang berada di tengah-tengah kota Batusangkar sebagai tempat bermalam bagi pengunjung.

Ia juga mengajak seluruh pihak untuk meningkatkan sinergitas dalam menciptakan kesigapan dan kekompakan selama iven tersebut berlangsung.

Kegiatan akan dipusatkan di Istano Basa Pagaruyuang serta beberapa tempat lainnya menyesuaikan dengan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan atraksi seni dan budaya.

"Perlu sinergitas dan konsistensi kita bersama untuk menjadikan ajang ini sebagai penarik wisatawan ke Tanah Datar," ujarnya.

Selain Pesona Budaya Minangkabau lanjutnya, iven lainnya yang masuk 100 Calender of Event Indonesia yang bakal digelar Sumatera Barat adalah balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) dan Event Pasar Harau Kabupaten Lima Puluh Kota.

Direncanakan ketiga iven tersebut bakal dilaunching di Jakarta pada 29 Juli 2019 yang direncanakan akan dibuka secara langsung oleh Menteri Pariwisata RI Arif Yahya.

"Jika tidak ada aral melintang, launching tersebut direncanakan bakal dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata," ujarnya.***
Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar