Pilgub Sumbar, Golkar mulai lalukan penjajakan dengan parpol lain

id Golkar Sumbar,Pilkada Sumbar,Pilkada serentak,Pilkada 2020

Pilgub Sumbar, Golkar mulai lalukan penjajakan dengan parpol lain

Ilustrasi - Partai Golkar . (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/jio02)

Padang, (ANTARA) - Ketua DPD Partai Golkar Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim menyatakan akan menyiapkan kader terbaik mereka maju dalam Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat pada 2020.

“Kita masih menunggu petunjuk dari pusat namun untuk calon yang akan kami usung. Dari internal partai tentu ada namun belum dapat kami munculkan saat ini,” kata Hendra Irwan Rahim di Padang, Jumat.

Ia mengatakan Golkar Sumbar memiliki kader terbaik yang dapat diusung maju dalam Pilkada Sumatera Barat namun hal itu masih dalam proses penyaringan.

“Kita akan menggelar rapat internal terlebih dahulu dan segala kemungkinan dapat terjadi mulai dari penerimaan calon dari luar,” katanya.

Menurut dia bisa saja Partai Golkar membuka penerimaan bakal calon gubernur yang akan diusung dari pihak luar partai namun tentunya harus sesuai dengan instruksi dari pusat nanti.

Ia mengatakan sejauh ini penjajakan dengan partai lain untuk mengusung pasangan gubernur sudah mulai dilakukan namun secara biasa-biasa saja karena proses penetapan calon masih cukup panjang.

“Segala kemungkinan dapat terjadi dan tentu kita ingin pasangan terbaik yang akan kita usung maju dalam pemilu gubernur nantinya,” kata dia

Dalam pemilu legislatif 2019 di Sumatera Barat Partai Golkar hanya meraih delapan kursi di DPRD Sumbar. Jumlah ini lebih sedikit dari capaian pada Pemilu 2014 yakni sembilan kursi dan mengantarkan partai berlambang pohon beringin itu sebagai Ketua DPRD Sumbar.

Sebagai salah satu syarat mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur partai pengusung harus memiliki 13 kursi di DPRD Sumbar dan itu mengharuskan Partai Golkar berkoalisi dengan partai lain untuk mengusung pasangan calon.