Padang kenalkan pustaka rumah tingkatkan minat baca

id rumah pustaka, minat baca

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Padang, Muji Susilawati (Antara Sumbar/Humas)

Padang (ANTARA) - , Pemerintah Kota Padang akan memperkenalkan rumah pustaka dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat yang akan diluncurkan pada Juli 2019.

"Rendahnya minat baca masih menjadi masalah klasik kendati sudah lengkapnya sarana dan prasarana yang disiapkan saat ini tidak berbanding lurus dengan angka minat baca di Kota Padang," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Padang Muji Susilawati di Padang, Rabu.

Menurut dia selama ini yang banyak datang ke pustaka di GOR Agus Salim hanya pelajar yang dekat dengan lokasi perpustakaan.

Ia menenggarai salah satu penyebabnya siswa jarang ke perpustakaan daerah karena jarak yang cukup jauh dari rumah dan sekolah masing-masing. Oleh sebab itu, pihaknya membuat program rumah pustaka dengan menjadikan rumah sebagai perpustakaan.

“ Pada setiap rumah akan dibagi lima buku, Satu buku untuk ayah, satu untuk ibu dan tiga untuk anak-anak," ujarnya.

Selain meningkatkan minat baca, Rumah Pustaka ini juga diharapkan meningkatkan kualitas SDM masyarakat, sebab buku yang akan diberikan bukan sekadar bacaan.

Pihaknya akan beri buku sesuai dengan kebutuhan, jika di daerah nelayan akan dibagikan buku bagaimana menangkap ikan atau budidaya kalau untuk ibu-ibu di kawasan miskin buku tentang meningkatkan keterampilan dan buku cerita anak-anak.

Ia mengatakan program ini akan mulai diresmikanpada pertengahan Juli atau akhir Juli di daerah Kurao Pagang.

Rumah pustaka ini, katanya upaya mencegah kebodohan, buta huruf dan sikap masyarakat yang pesimis terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Masyarakat harus lebih didekatkan dengan membaca yang kondusif, membaca yang disesuaikan dengan kebutuhannya, membaca yang tiada henti, dan membaca yang dapat meningkatkan kecerdasannya sendiri," katanya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar