Sejak Lebaran, harga emas di Pasar Raya Padang naik

id harga emas, di pasar raya, padang, naik

Sejak Lebaran, harga emas di Pasar Raya Padang naik

salah satu toko emas di Pasar Raya Padang

Padang, (ANTARA) - Harga emas perhiasan di Pasar Raya Padang, Sumatera Barat naik sejak Lebaran 2019 hingga sekarang mencapai Rp1.620.000 per 2,5 gram dari sebelumnya Rp1.580.000.

“Awalnya hanya naik Rp10.000 menjadi Rp1.590.000 per 2,5 gram kemudian naik terus hingga saat ini mencapai Rp1.620.000,” ujar salah seorang karyawan di toko emas Tiwi di Padang, Rabu.

Menurutnya kenaikan harga emas tersebut biasanya disebabkan karena naiknya harga dolar sehingga harga emas juga ikut naik.

Selain menjual emas berupa perhiasan, toko mas tersebut juga menjual emas batangan dengan kisaran harga yang sedikit berbeda dengan harga perhiasan yaitu Rp1.600.000 per 2,5 gram.

Ia juga mengatakan jumlah pengunjung yang membeli emas seimbang dengan jumlah pengunjung yang hendak menjual kembali emasnya.

Akan tetapi saat ini emas batangan lebih banyak dibeli ketimbang perhiasan, bahkan satu orang pengunjung membeli emas batangan hingga mencapai 250 gram.

Salah seorang pengunjung toko mas Irna mengatakan ia membeli emas untuk tabungan masa panjang.

"Biasanya kalau nyimpan uang berupa emas lebih awet karena sayang menjualnya, kecuali untuk kebutuhan yang benar-benar mendesak," katanya.

Selain itu, menurut pedagang emas lainnya Ahmad Gulam mengatakan harga emas di tokonya hanya Rp1.570.000 per 2,5 gram mengalami penurunan dari kemarin Rp1.600.000 per 2,5 gram.

“Kalau sekarang pengunjung lagi sepi,” sambung dia.

Biasanya pengunjung lebih ramai membeli emas menjelang Lebaran dibandingkan sekarang pengunjung lebih banyak yang menjual kembali emas mereka.

"Mungkin karena untuk memenuhi kebutuhan sekolah, jadi banyak yang menjual kembali emas mereka," sambungnya.