Tingkatkan prestasi, Pemkot Solok akan evaluasi pola pembinaan kafilah MTQ

id Zul Elfian ,solok,padang,mtq,sumbar

Wali Kota Solok Zul Elfian menyerahkan hadiah pembinaan pada kafilah Kota Solok di Balairung 99, Kota Solok, Selasa (25/6). (Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Solok, (ANTARA) - Pemerintah Kota Solok, Sumatera Barat akan melakukan evaluasi pola pembinaan kafilah yang akan dikirim pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 39 tingkat Sumbar pada 2021 di Padang Panjang.

"Pola pembinaan akan diperbaiki agar ada peningkatan prestasi, karena hal ini juga menjadi cerminan keseriusan pemerintah daerah dalam pembangunan keagamaan," kata Wali Kota SolokZul Elfian di Solok, Selasa.

Ia mengatakan pada dasarnya prestasi bukan hal yang menjadi tujuan utama, namun dengan capaian yang diperoleh menjadi sebuah acuan dan evaluasi atas pembinaan kepada Qori dan Qoriah.

Banyak hal yang perlu diperbaiki ke depan sehingga ada peningkatan, baik dalam pembinaan kafilah dan prestasi yang akan diraih.

Harapan terbesar Kota Solok pada ajang MTQ tingkat Sumbar adalah mencatatkan nama Kota Solok sebagai juara umum.

Harapan itu sebut Zul Elfian diharapkan bisa terwujud pada MTQ ke 39 di Kota Padang Panjang pada 2021.

"Jangan sampai peringkat Kota Solok pada MTQ nanti turun, kalau bisa peringkat kita semakin naik dan Kota Solok dapat menjadi juara umum MTQke 39 nanti," ujarnya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kota Solok, Irman Yefri Adang mengatakan perhelatan MTQke 38 tingkat Sumbar harus menjadi momentum dalam membumikan Al Quran dalam kehidupan masyarakat Kota Solok.

Ia mengakui komitmen Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solok sangat luar biasa mendorong Kota Solok dalam segala aspek di bidang keagamaan.

Hal itu terlihat dari program-program pemerintah seperti magrib mengaji, subuh berjamaah, Malam bina iman dan takwa (Mabit).

"Kita harus melahirkan anak-anak dan generasi muda penghafal Al Quran yang didorong dengan banyaknya rumah-rumah pendidikan Quran," sebutnya.

DPRD Kota Solok akan mendukung penuh program keagamaan yang dilakukan pemerintah sepanjang berdampak positif terhadap masyarakat.

Untuk menambah motivasi Qori dan Qoriah Kota Solok agar lebih giat berlatih, Pemerintah Kota Solok juga memberikan hadiah pembinaan kepada Qori dan Qoriah yang berhasil menuai prestasi pada MTQ ke 38 lalu. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar