Kafilah Payakumbuh cabang Fahmil Quran bakal wakili Sumbar di MTQ Nasional

id MTQ Sumbar,Fahmil Quran,Kafilah Payakumbuh

Kafilah Payakumbuh cabang Fahmil Quran bakal wakili Sumbar di MTQ Nasional

Semarak pembukaan MTQ ke 38 tingkat Sumbar di lapangan merdeka kota Solok. (Dok. Humas)

Payakumbuh  (ANTARA) - Kafilah Payakumbuh yang terdiri atas tiga siswa berhasil meraih juara 1 cabang Fahmil Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Sumbar di Kota Solok, 14-22 Juni 2019. Mereka bakal mewakili Sumbar pada MTQ tingkat Nasional di Papua pada 2020.

“Alhamdulillah, tim Musabaqah Fahmil Quran (MFQ) kita yang berasal dari Putra Insan Cendekia Boarding School (ICBS) menorehkan prestasi juara 1,” ujar Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz di Payakumbuh, Sabtu.

Juara 1 cabang Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ) putra tersebut terdiri dari tiga siswa yakni Harun Ar-Rasyid, Muhammad Dhonan Lathif dan Muhammad El Hafiz.

"Maka mereka berhak mewakili Provinsi Sumbar pada cabang Fahmil di MTQ Tingkat Nasional 2020," ujarnya.

Wakil Pimpinan ICBS Okta Veldi mengatakan ini adalah prestasi yang kedua bagi siswa ICBS dimana MFQ tingkat provinsi sebelumnya juga dijuarai oleh siswa ICBS.

Sementara itu tim MFQ Putri dari kafilah Payakumbuh yang juga diwakili oleh tiga siswa ICBS berhasil meraih juara 3. Mereka adalah Diang Kumala, Hanifah Dhiyaulhaq, dan Viona Vonlihani.

Selain cabang MFQ, kafilah Payakumbuh juga berhasil masuk final pada cabang yang lain yakni Tilawah TK putri, Hifzil lima Juz Non Tilawah putra dan putri, Hifzil 30 Juz putri, Bintang Qasidah Anak-anak putra dan putri, dan Bintang Qasidah Dewasa putra.

Kabag Kesra Setdako Payakumbuh, Ul Fakhri mengapresiasi siswa yang telah mengharumkan nama Kota Payakumbuh dalam ajang MTQ kali ini. “Insha Allah ada bonus dan penghargaan dari pemko nantinya,” ucapnya.