Penyisihan Grup C, Jepang tahan imbang Uruguay 2-2

id timnas jepang,timnas uruguay,copa america,copa america 2019

Penyisihan Grup C, Jepang tahan imbang Uruguay 2-2

Kapten tim nasional Uruguay Diego Godin (kiri) berebut bola udara dengan bek Jepang Naomichi Ueda (kanan) dalam laga penyisihan Grup C Copa America 2019 di Stadion Gremio Arena, Porto Alegre, Brazil, Kamis (20/6/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Ueslei Marcelino)

Jakarta, (ANTARA) - Tim nasional Jepang berhasil menahan imbang Uruguay dengan skor 2-2 dalam laga kedua penyisihan Grup C di Stadion Gremio Arena, Porto Alegre, Brazil, Jumat pagi WIB.

Jepang sebetulnya dua kali memetik keunggulan lewat dwigol yang diborong penyerang Koji Miyoshi, namun dua kali juga Uruguay menghapuskannya lewat eksekusi penalti Luis Suarez dan sundulan Jose Gimenez, demikian catatan laman resmi turnamen.

Hasil itu untuk sementara memantapkan posisi Uruguay di puncak klasemen Grup C dengan koleksi empat poin, sedangkan Jepang (1) tertahan di urutan ketiga.

Posisi Uruguay masih belum aman, mengingat Chile (3) baru akan menghadapi Ekuador (0) di Arena Fonte Nova, Salvador, Sabtu (22/6) WIB.

Uruguay tampil menguasai pertandingan sejak awal dan selepas sepak mula Suarez yang menyadari kiper Eiji Kawashima sedikit jauh dari garis aman berusaha melepaskan tembakan dari tengah lapangan, namun bolanya mendarat di atas jaring gawang.

Jepang tak gentar dengan hal itu dan menjawabnya dengan serangan yang diakhiri umpan tarik Miyoshi yang disambut Shinji Okazaki di muka gawang, namun sontekannya sedikit melenceng dari sasaran.

Kendati lebih banyak mendapat gempuran, Jepang justru membuka keunggulan lebih dulu pada menit ke-25 lewat aksi Miyoshi yang berlari menusuk ke dalam kotak penalti usai menerima umpan kiriman Gaku Shibasaki sebelum melepaskan tembakan terarah yang mampu menaklukkan kiper Fernando Muslera.

Namun, Uruguay kemudian memperoleh hadiah tendangan penalti ketika Edinson Cavani terjatuh bersama Naomichi Ueda dalam perebutan bola di dalam kotak penalti Jepang. Kendati kontroversial, wasit Andres Jose Rojas Noguera tetap memberikan penalti untuk Uruguay yang berhasil dieksekusi dengan baik oleh Suarez untuk menyamakan kedudukan 1-1 pada menit ke-32.

Gol itu membuat Uruguay kian bernafsu menggempur serangan Jepang, namun peluang yang diperoleh Cavani lewat tembakan jarak jauh membentur mistar gawang pada menit ke-36.

Setelah babak pertama tetap berakhir dengan skor imbang 1-1, laga babak kedua menjanjikan aksi yang lebih menawan.

Pada menit ke-54 Miyoshi sempat merangsek ke dalam kotak penalti Uruguay, namun terlalu lama mengambil keputusan dan bola direbut Godin yang memulai serangan balik yang diakhiri umpan Suarez untuk Cavani, namun Kawashima kali ini melakukan aksi penting untuk menutup ruang tembak penyerang Paris Saint-Germain tersebut.

Lima menit berselang, Miyoshi berada di posisi yang tepat untuk menyambut bola upaya halauan Muslera atas umpan silang yang datang ke kotak penalti. Lewat gol keduanya, Miyoshi merestorasi keunggulan Jepang 2-1 atas Uruguay.

Uruguay berusaha segera mencetak gol balasan lagi, namun tendangan Suarez berhasil dihentikan Kawashima pada menit ke-62.

Lewat situasi sepak pojok yang dilepaskan Nicolas Lodeiro berhasil disambut Gimenez dengan sundulan untuk membuat Uruguay kembali menyamakan kedudukan 2-2 pada menit ke-66.

Uruguay hampir berbalik unggul ketika Martin Caceres melepaskan umpan silang yang berhasil disambut Suarez, namun bola tandukannya membentur mistar gawang lagi pada menit ke-80.

Suarez memperoleh peluang pamungkas ketika menerima umpan dan mengendalikan bola dengan dadanya sebelum melewati hadangan bek Jepang pada menit keempat masa injury time, namun tembakan penyelesaiannya tipis melenceng dari sasaran dan skor imbang 2-2 bertahan hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Sementara peluang Uruguay terbuka begitu lebar untuk lolos ke perempat final, Jepang juga masih memiliki kesempatan yang sama.

Di laga pamungkas pada Selasa (25/6), ketika Uruguay bertemu Chile di Maracana, Jepang akan menghadapi Ekuador.

Susunan pemain:

Uruguay (4-4-2): Fernando Muslera; Martin Caceres, Jose Gimenez, Diego Godin, Diego Laxalt (Giovanni Gonzalez); Nahitan Nandez (Giorgian de Arrascaeta), Lucas Torreira, Rodrigo Bentancur, Nicolas Lodeiro (Federico Valverde); Edinson Cavani, Luis Suarez

Pelatih: Oscar Tabarez

Jepang (5-3-2): Eiji Kawashima; Ko Itakura, Takehiro Tomiyasu, Naomichi Ueda, Tomoki Iwata (Yugo Tatsuta), Daiki Sugioka; Shoya Nakajima, Gaku Shibasaki, Hiroki Abe (Ayase Uda); Koji Miyoshi (Takefusa Kubo), Shinji Okazaki

Pelatih: Hajime Moriyasu