Ini bantahan Arab Saudi terkait laporan ahli PBB dalam kasus pembunuhan Khashoggi

id JamalKhashoggi,AgnesCallamard,Adel al-Jubeir

Ini bantahan Arab Saudi terkait laporan ahli PBB dalam kasus pembunuhan Khashoggi

Jamal Khashoggi. (Washington Examiner)

Riyadh, (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir pada Rabu menolak laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang menyebutkan bahwa terdapat bukti kredibel Putra Mahkota Mohammed bin Salman dan sejumlah pejabat senior lainnya bertanggung jawab atas pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi.

"Bukan hal baru... Pelapor di Dewan HAM mengulangi dalam laporan tak mengikat miliknya apa yang telah dipublikasi dan diedarkan di media," cuit Adel al-Jubeir.

Laporan tersebut "jelas memuat kontradiksi dan tuduhan tak berdasar yang meragukan kredibilitasnya", tambah dia.

Agnes Callamard, pelapor khusus PBB untuk masalah ekstra yudisial, menyimpulkan bahwa pembunuhan Khashoggi disengaja dan direncanakan tetapi tidak menyimpulkan tentang rasa bersalah. Laporannya berdasarkan pada rekaman dan hasil kerja forensik yang dilakukan oleh penyelidik Turki serta informasi dari persidangan para tersangka di Arab Saudi.

Pengadilan itu seharusnya ditangguhkan, menurutnya, mengutip kekhawatiran atas persidangan rahasia dan potensi hilangnya keadilan.

Jubeir menolak upaya apapun untuk memengaruhi pengadilan atau menghilangkannya dari proses hukum Arab Saudi.

Ia kemudian mengatakan dalam satu pernyataan yang dipublikasi Kantor Berita SPA bahwa laporan tersebut berisi "tuduhan-tuduhan bohong yang dikonfirmasi dari gagasan yang dibentuk sebelumnya dan posisi Callamard terhadap kerajaan". Jubeir juga menegaskan Riyadh berhak menempuh jalur hukum untuk menanggapi klaimnya tersebut.

Khashoggi, yang merupakan pengkritik putra mahkota sekaligus kolumnis Washington Post, tewas di dalam konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober oleh pejabat Saudi. Kasus tersebut menuai kecaman luas dan juga mencoreng citra pangeran muda kerajaan tersebut. (*)