Dua pesawat dan satu Helikopter TNI-AU dukung operasi mitigasi bencana di Padang (Video)

id Helikopter TNI-AU,padang,bencana,su,sumbar

Dua pesawat dan satu Helikopter TNI-AU dukung operasi mitigasi bencana di Padang (Video)

Seorang anggota TNI melihat pesawat yang akan mendukung latihan kesiapsiagaan operasional Komando Operasi TNI-AU tentang penanggulangan bencana di Lanud Sutan Sjahrir di Padang, Kamis (20/6). (Antara Sumbar/Fathul Abdi)

Padang, (ANTARA) - TNI Angkatan Udara menghadirkan dua pesawat dan satu helikopter untuk mendukung Latihan Kesiapsiagaan Operasional Komando Operasi Angkatan Udara tentang penanggulangan bencana yang dilaksanakan di Pangkalan Udara Sutan Sjahrir di Padang, Sumbar, Kamis.

Dua pesawat yang dihadirkan dalam operasi adalah pesawat CN-295, dan Hercules C-130.

Pantauan di lapangan, pesawat CN-294 dengan nomor A-2904 mendarat di Lanud Sutan Sjahrir Padang sekitar pukul 10.30 WIB.

Setengah jam kemudian pesawat Hercules C-130 dengan nomor A-1320 akhirnya juga mendarat di Lanud Sutan Sjahrir.
Helikopter TNI-AU yang akan mendukung Latihan Kesiapsiagaan Operasional Komando Operasi TNI-AU tentang penanggulangan bencana di Pangkalan Udara Sutan Sjahrir di Padang, Sumbar, Kamis (20/6). (Antara Sumbar/Fathul Abdi)


Sementara helikopter yang didatangkan adalah Super Puma dengan nomor H 3216.

Helikopter dengan warna loreng khas TNI itu sudah ada di lokasi kegiatan sejak Kamis pagi.

Super Puma diterbangkan langsung ke Padang dari skuadron udara 6 Lanud Atang Sendjaya, Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan dihadiri Panglima Komando Operasi Angkatan Udara I Marsekal Muda TNI Fadjar Prasetyo, dan Komandan Lanud Sutan Sjahrir Kolonel Pnb Purwanto Adi Nugroho.

Mitigasi itu diikuti sekitar 210 peserta berasal dari TNI Angkatan Udara, Angkatan Laut, Angkatan Darat, Polri, BPBD, SAR, siswa SMK Penerbangan, pramuka, dan lainnya.

Operasi itu melaksanakan sejumlah kegiatan simulasi di antaranya pelaksanaan SAR dan evakuasi, penerjunan heli box, dan lainnya. (*)