Ini peluang Tanah Datar raih juara satu umum MTQ Sumbar

id kafilah MTQ Tanah Datar,tanah datar,padang,sumbar,MTQ Sumbar

Ini peluang Tanah Datar raih juara satu umum MTQ Sumbar

Bupati Tanah Datar (dua dari kanan) mengunjungi kafilah MTQ Tanah Datar di Kota Solok, Rabu (19/6). (Antara Sumbar/Etri Saputra)

Batusangkar, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar berpeluang besar meraih peringkat satu umum perhelatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke 38 tingkat Provinsi Sumatera Barat yang digelar di Kota Solok.

"Berdasarkan data saat ini Tanah Datar masuk empat daerah yang memiliki poin tertinggi bersama Kota Solok, Kota Padang, dan Kabupaten Padang Pariaman. Memang keempat daerah sama-sama memiliki peluang meraih peringkat satu, tapi kami lebih optimis," kata Pimpinan Kafilah MTQ Tanah Datar, Afrizon di Kota Solok, Kamis.

Bersama perwakilan kafilah MTQ, ia bertekad menjadi yang terbaik dengan mengerahkan semua potensi untuk meraih hasil tertinggi seperti yang pernah diraih Tanah Datar pada tahun-tahun sebelumnya.

"Kita selalu berdoa dan mengerahkan potensi terbaik tanpa memiliki beban. Apalagi dengan posisi saat ini Tanah Datar memiliki poin yang sama dengan Padang Pariaman yakni 22 poin," katanya.

Pada MTQ Sumbar 2019 Tanah Datar mengirimkan 66 kafilah dengan berbagai jenis perlombaan. Dari 66 orang tersebut yang berhasil melaju ke putaran final sebanyak 22 orang.

"Dari 22 orang yang melaju ke putaran final, 11 orang memiliki nilai tertinggi. Jika 11 orang itu masih bertahan maka juara tiga MTQ ke 38 tingkat provinsi sudah di tangan," ujarnya.

Selain itu Pemerintah Kabupaten Tanah Datar juga menyediakan bonus bagi anggota kafilah MTQ sesuai dengan prestasi yang diraih. Dana tersebut bersumber dari APBD Tanah Datar.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengatakan prestasi yang diraih kafilahnya tidak lepas dari usaha keras peserta dan pihak terkait sebelum digelarnya pelaksanan MTQ.

Kemudian tenang tanpa beban yang diperlihatkan kafilah juga berdampak kepada mental selama perlombaan berlangsung.

"Memang betul target kita juara, tapi yang terpenting itu adalah membumikan kalimat Allah, maka hadapi dengan tenang," katanya.

Ia juga memberikan apresiasi kepada tuan rumah Kota Solok karena penyelenggaraan MTQ berjalan baik serta sambutan masyarakat yang sangat luar biasa dalam membatu kafilah Tanah Datar. (*)