DLH Payakumbuh tambah truk pengangkut sampah tahun ini

id sampah,penanganan sampah payakumbuh,DLH Payakumbuh

Penumpukan sampah di dekat TPA Payakumbuh. (ANTARA SUMBAR/Syafri Ario)

Payakumbuh  (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, akan melengkapi peralatan penanganan sampah tahun ini melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Tahun ini kita dapat DAK untuk pengadaan truk sampah, mudah-mudahan ini bisa sedikit membantu kekurangan peralatan kita," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Payakumbuh Dafrul Pasi di Payakumbuh, Rabu.

Selama ini, katanya DLH Kota Payakumbuh masih kekurangan peralatan yang memadai untuk menangani sampah yang jumlah mencapai 60-70 ton per hari.

Ia mengungkapkan sebagian besar peralatan yang saat ini digunakan petugasnya di lapangan masih konvensional sehingga membutuhkan lebih banyak tenaga dalam pengoperasiannya.

"Kami kesulitan di segi peralatan, nah apabila bisa kita dukung dengan peralatan yang memadai, sebenarnya tenaga kebersihan yang ada saat ini sudah mencukupi," ujarnya.

Peralatan yang saat ini cukup dibutuhkan pihaknya adalah penambahan dustbin kontainer yang sampai saat ini baru ada satu.

"Yang kita miliki hanya satu dustbin kontainer dan kontainer-nya ada tiga," ujarnya.

Dari segi penggunaan, dustbin kontainer ini akan mengurangi jumlah tenaga kebersihan lebih kurang enam orang.

"Jika menggunakan dustbin kontainer hanya butuh satu orang tenaga untuk mengumpulkan sampah yang berserakan," jelasnya.

Sementara kondisi peralatan yang ada saat ini mengakibatkan DLH masih kekurangan tenaga.

"Kita berupaya melalui APBD, walaupun kita mengakui dana kita memang terbatas karena itu kita juga mengupayakan peluang-peluang DAK," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar