Maju ke putaran final, Padang Panjang berpotensi juara di cabang Qiroaat Sab'ah MTQ Sumbar

id MTQ Sumbar

Maju ke putaran final, Padang Panjang berpotensi juara di cabang Qiroaat Sab'ah MTQ Sumbar

Kafilah Padang Panjang tampak beristirahat di posko utama yang disediakan tuan rumah. (Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang, (ANTARA) - Kafilah asal Kota Padang Panjang, Sumatera Barat berpotensi meraih juara di cabang Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Qiroaat Sab'ah karena dalam babak penyisihan mendapatkan nilai tertinggi sehingga maju ke putaran final.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkot Padang Panjang Eri Katik dalam keterangannya diterima di Padang Panjang, Rabu, mengatakan memasuki hari ke empat, daerah itu berpotensi menempatkan utusan di putaran final di enam cabang MTQ Sumbar yang berlangsung di Kota Solok.

"Qiroaat Sab'ah adalah yang difavoritkan untuk raih juara pertama. Saat penyisihan Padang Panjang dapat nilai tertinggi dan semoga ini berlanjut di putaran final," ujarnya.

Ia berpesan agar perwakilan daerah itu menjaga kekompakan antara peserta, pelatih dan pendamping supaya dapat memberikan hasil terbaik bagi Padang Panjang.

Para peserta diharapkan menetapkan targetnya sendiri dalam lomba tersebut karena menurutnya pemerintah daerah tidak ingin membebani peserta jika memberikan target.

Di samping itu ia mengapresiasi fasilitas yang diberikan Pemkot Solok bagi daerah peserta MTQ. Untuk Padang Panjang, Solok menyediakan tiga unit mobil yang mengantarjemput peserta ke 13 titik lokasi pertandingan.

Kafilah Padang Panjang menggunakan lima tempat penginapan yang jaraknya cukup berdekatan sehingga sampai saat ini tidak ada kendala yang dihadapi peserta dalam menjalani lomba.

MTQ Sumbar ke-18 dilaksanakan di Kota Solok dengan tema Merajut Silaturahim Mengukir Prestasi dan Mensyiarkan Islam diikuti oleh kota dan kabupaten di Sumbar.

Kegiatan tersebut digelar secara berjenjang dari daerah hingga ke tingkat nasional bertujuan untuk memuliakan kitab suci umat Islam dan mensyiarkan kalam Illahi.

Di tingkat Sumbar lomba diselenggarakan pada 14 sampai 22 Juni 2019. (*)