BPBD Padang Panjang lengkapi pasar dengan jalur evakuasi

id Jalur Evakuasi Bencana,BPBD Padang Panjang

BPBD Padang Panjang lengkapi pasar dengan jalur evakuasi

Pemasangan jalur evakuasi di Pasar Pusat Padang Panjang. (Dok. Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Kesbangpol Padang Panjang, Sumatera Barat melengkapi Pasar Pusat di daerah itu dengan jalur evakuasi bencana untuk mengurangi risiko jika terjadi bencana.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kesbangpol Padang Panjang Rully di Padang Panjang, Selasa, mengatakan pemasangan informasi jalur evakuasi dilakukan di Blok A, B dan C Pasar Pusat.

"Dua bulan lalu sudah dilakukan pemasangan jalur evakuasi, saat ini melengkapkan pada bagian yang belum dipasangi dan memperbaiki bagian yang butuh perbaikan," katanya.

Ia menerangkan informasi jalur evakuasi merupakan fasilitas yang wajib ada di sebuah sarana publik terutama pada bangunan bertingkat tiga seperti Pasar Pusat tersebut.

Jalur evakuasi akan membantu menuntun warga menemukan jalur keluar dari bangunan pasar untuk menyelamatkan diri sekiranya terjadi musibah seperti kebakaran dan gempa bumi.

"Padang Panjang masuk daerah rawan gempa bumi. Seringkali orang panik bila ada bencana sehingga tidak tahu harus lari ke mana, jalur ini kami harap akan menjadi penunjuk arah dan memberikan rasa nyaman bagi para pengguna pasar," ujanya.

Ia mengatakan pemasangan jalur evakuasi di Pasar Pusat belum terpenuhi semuanya terutama di Blok B dan C dan diupayakan pemasangan dapat diselesaikan melalui perubahan anggaran di tahun 2019. (*)