Salido Juo dan Stoner Race kuasai race bergengsi Pacu Kuda Lebaran Cup (Video)

id Pacu Kuda Lebaran Cup,pacuan kuda Kubu Gadang,Payakumbuh

Salido Juo dan Stoner Race kuasai race bergengsi Pacu Kuda Lebaran Cup (Video)

Penyerahan hadiah kepada salah satu juara di Pacu Kuda Lebaran Cup (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Payakumbuh (ANTARA) - Kuda Salido Juo dan Stoner berhasil menjadi yang tercepat dalam race bergensi Pacu Kuda Lebaran Cup yang digelar pada Minggu dan Senin di gelanggang pacuan kuda Kubu Gadang, Kecamatan Payakumbuh Timur.

"Salido Juo juara satu jarak 1800 meter dan Stoner juara satu jarak 1600 meter," kata Ketua Pelaksana Pacu Kuda Lebaran Cup, Universal Datuk Paduko Bosa nan Kuniang, di Payakumbuh, Selasa.

Ia mengatakan dua race ini adalah race yang terjauh dan paling bergensi dalam Pacu Kuda Lebaran Cup.

Ia merincikan untuk jarak 1800 meter atau Derby kelas AB tiga tahun juara satu yakni Kuda Salido Juo, juara dua Emperor Queen dari Batu Sangkar milik Jihan Arsyila dan juara tiga Ratu Melayu dari Payakumbuh.

Sementara itu untuk jarak 1600 meter juara satu Kuda Stoner dari Payakumbuh milik Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunas, juara dua Ratu Melayu milik Mawardi dan juara tiga Salido Juo milik Erizal Chaniago dari Payakumbuh.

Pacu kuda dalam menyambut lebaran yang diselenggarakan oleh Anak Nagari Koto Nan Gadang tersebut diikuti 87 kuda yang berpacu di 23 race.

"Ada sekitar Rp 150 juta lebih sponsor hadiah yang direbutkan oleh puluhan kuda yang berpacu," ujarnya.

Ke-23 race tersebut, untuk hari pertama ada 12 race diantaranya race I kelas Draff Boggie Baru 2400 meter dengan hadiah Rp 3,5 juta.

Race II kelas Draff Boggie Usang jarak 3200 meter dengan hadiah Rp 4 juta. Race III kelas Sagalo II jarak 600 meter dengan hadiah Rp 2 juta. Race IV kelas Sagalo jarak 800 meter dengan hadiah Rp 2 juta.

Selanjutnya, race V kelas E jarak 1200 meter dengan hadiah Rp 5 juta. Race VI kelas Pemula CD 2 tahun (Div II) jarak 1200 meter dengan hadiah Rp 7 juta.

Race VII kelas Pemula CD 2 tahun jarak 1200 meter dengan hadiah Rp 8 juta. Race VIII kelas C terbuka jarak 1200 meter dengan hadiah Rp 7 juta.

Kemudian, Race IX kelas AB Terbuka jarak 1200 meter dengan hadiah Rp 8 juta. Race X kelas Pemula AB 2 Tahun (Div II) jarak 1400 meter dengan hadiah Rp 9 juta.

Race XI kelas Pemula AB 2 tahun jarak 1400 meter dengan hadiah Rp 10 juta dan race terakhir kelas AB 3 tahun jarak 1800 meter dengan hadiah Rp 25 juta sponsor dari Walikota Payakumbuh Riza Falepi. (*)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar