Ini pesan Bupati Solok kepada kader PKK yang akan mengikuti jambore tingkat provinsi

id Jambore provinsi Sumbar,solok,sumbar,jambore PKK

Ini pesan Bupati Solok kepada kader PKK yang akan mengikuti jambore tingkat provinsi

Bupati Solok, Gusmal foto bersama kader PKK daerah setempat yang akan mengikuti jambore tingkat provinsi Sumbar di Tanah Datar. (Humas)

Arosuka, (ANTARA) - Bupati Solok, Sumatera Barat Gusmal mengharapkan kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) daerah setempat dapat meraih prestasi yang membanggakan pada Jambore Kader PKK tingkat Provinsi yang diadakan di Kabupaten Tanah Datar.

Gusmal di Arosuka, Senin (18/6) mengatakan peserta jambore harus dapat membangun semangat juang yang tinggi dengan berjuang semaksimal mungkin, sehingga meraih prestasi yang membanggakan.

"Kami yakin potensi kader PKK ini sangat luar biasa. Tinggal bagaimana menggerakkan dan memberi ruang untuk mengapresiasinya,” ujarnya.

Ia berkeyakinan Kabupaten Solok bisa menjadi yang terbaik dalam jambore tingkat provinsi tersebut. Agar harapan itu terwujud, Gusmal meminta semua kader untuk mengikuti setiap lomba dengan serius dan sungguh-sungguh, tidak asal ikut.

"Kader PKK Kabupaten Solok saya harap juga dapat menjaga citra daerah, karena segala sikap dan tingkah laku akan menjadi perhatian dalam Jambore yang dilaksanakan itu. Sebab rombongan akan berbaur dengan 19 kabupaten kota se-Sumbar," katanya.

Ia juga mengingatkan agar para kader menjaga kesehatan. Jika ada kesempatan beristirahat, sempatkan beristirahat.

Kader juga hendaknya menciptakan kebersamaan, kekompakan, persatuan dan kesatuan untuk meraih yang terbaik.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok, Desnadefi Gusmal mengatakan kegiatan jambore yang diikuti ini disamping untuk memupuk persatuan sesama kader, juga untuk mengevaluasi pengetahuan dan keterampilan kader dalam melaksanakan 10 program pokok PKK.

Jambore tingkat provinsi yang dilaksanakan merupakan kelanjutan dari jambore kabupaten atau kota.

Menurutnya, berbagai perlombaan akan diikuti pada jambore tingkat Provinsi ini, seperti lomba leaflet kelompok Dasa­wisma yang merupakan ujung tombak pelaksana 10 program pokok PKK, lomba pameran produk UP2K-PKK, lomba bermain peran, lomba kesenian khas daerah, lomba parade dan lainnya.

Desnadefi mengaku optimis PKK daerahnya bisa menjemput juara umum yang pernah didapat pada Jambore PKK Tingkat Sumbar yang diselengarakan di Kota Sawahlunto pada 2016 lalu.

''Dengan melihat tampilan dan kekompakan tim, saya optimis kami bisa masuk dalam tiga besar atau merebut kembali juara umum yang pernah didapat," ujarnya. (*)