Sepuluh ribu masyarakat padati pembukaan MTQ ke-38 di Kota Solok

id mtq solok

Sepuluh ribu masyarakat padati pembukaan MTQ ke-38 di Kota Solok

Dirjen Binmas Islam Muhammadiyah Amin (tiga dari kiri), Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit (tiga dari kanan) dan Wali Kota Solok, Zul Elfian saat menghadiri pembukaan MTQ Sumbar ke 38 di Solok, Sabtu malam. (Antara Sumbar/humas)

Solok (ANTARA) - Sekitar sepuluh ribu masyarakat dari berbagai daerah mengikuti pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 38 di Kota Solok yang terselenggara dengan meriah dengan pesta kembang api dan nyanyian dari grup nasyid Raihan.

Pembukaan MTQ ke 38 diawali dengan iring-iringan pawai kafilah dari berbagai kabupaten dan kota.

Dirjen Binmas Islam Muhammadiyah Amin membuka secara resmi pembukaan MTQ ke-38 di Kota Solok yang ditandai dengan pemukulan bedug.

Acara pembukaan MTQ juga memperlihatkan pertunjukkan laser dan pemutaran video yang memukau. Ratusan cahaya laser dan lampu sorot bergantian memperindah tampilan pertunjukkan tari kolosal dengan tema menjemput "cahaya".

Kabag Kesra Kota Solok Heppy Darmawan di Solok, Sabtu malam menyebutkan pertunjukkan tari kolosal melibatkan 250 siswa SMP Kota Solok yang koreografernya dibantu Dosen ISI Padang Panjang.

"Alhamdulillah pertunjukkan laser dan video mapping dapat ditampilkan dan mengejutkan penonton yang datang. Mereka antusias menunggu pertunjukkan ini," katanya.

Menurutnya, perhelatan MTQ selain dilaksanakan untuk meningkatkan kunjungan wisata juga meningkatkan perekonomian masyarakat dengan banyaknya kunjungan dari daerah lain.

Pihaknya berharap MTQ Sumbar ke-38 membuka gerbang semakin tingginya kunjungan dan antusiasme orang datang ke Solok.

Sementara Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan pelaksanaan MTQ ini diharapkan agar masyarakat mengamalkan ajaran Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

"Jika kita sering membaca dan mendengarkan Alquran tentu kita ingin memahami dan menelaahnya," ujarnya.

Menurutnya, MTQ hendaknya membuat masyarakat menjadikan Al Quran sebagai pedoman hidup, bukan hanya perlombaan saja. Untuk menghidupkan nilai-nilai Al Quran pada seluruh elemen kehidupan.

Sedangkan Wali Kota Solok, Zul Elfian mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan daerah lain dan masyarakat untuk pelaksanaan MTQ di Kota Solok.

"Saya berharap kafilah dan pengunjung yang ke Solok dapat menikmati kota dan berwisata disini dengan nyaman dan senang

Acara pembukaan MTQ Sumbar ke 38 juga dihadiri Dirjen Binmas Islam Muhammadiyah Amin, Kepala Kemenag Sumbar Hendri, Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim, Kapolda Sumbar Irjen. Pol Fakhrizal, dan Bupati serta Wali Kota se-Sumbar.