Seorang warga Agam buka jalan sepanjang lima kilometer

id warga agam buka jalan

Pembukaan jalan baru di Gudang, Muaro Tantang, Nagari Silareh Aia, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Kamis (13/6). (ANTARA SUMBAR/ Yusrizal)

Lubukbasung (ANTARA) - Seorang warga Gudang Muaro Tantang, Nagari Silareh Aia, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Armalicon (36) membuka jalan baru di daerah itu sepanjang lima kilometer untuk memudahkan petani membawa hasil pertanian.

"Buka jalan baru itu bentuk komitmen saya untuk membangun Sulareh Aia, khususnya Kecamatan Palembayan," kata Armalicon di Lubukbasung, Jumat.

Ia mengatakan jalan lingkar yang telah dibuka itu berada di Kampuang Lua Nagari Silareh Aia sepanjang dua kilometer, Mauang Ilia Nagari Silareh Aia sepanjang dua kilometer dan Gudang Muaro Tantang sepanjang satu kilometer.

Pembukaan jalan baru itu dilakukan semenjak Maret sampai Juni 2019 dan lahan sepanjang jalan itu sudah bebas yang ditandai dengan surat pernyataan dari pemilik lahan.

"Pembukaan jalan baru di Gudang Muaro Tantang sedang berjalan, karena pembukaan jalan itu dimulai semenjak Kamis (13/6)," katanya yang populer disapa Ucok.

Ia menambahkan membuka jalan baru ini bertujuan untuk mempermudah petani membawa hasil pertanian berupa padi, kelapa sawit dan lainnya.

Selain itu membuka daerah karena setelah dibuka akan bermunculan rumah di sepanjang jalan baru itu.

"Setelah jalan dibuka, warga akan mendirikan rumah di sepanjang jalan tersebut," tegasnya.

Selain membuka jalan baru, dirinya juga membangun drainase di Batang Sapan Padang Koto Gadang, Nagari Silareh Aia sepanjang lima kilometer dan membangun lapangan bola kaki di Gudang Muaro Tantang, Nagari Silareh Aia.

"Mudah-mudahan jalan, drainase dan lapangan sepak bola yang dibangun itu bermanfaat bagi warga," katanya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Membela Bangsa Membangun Besama (LSM MBMB) Agam, Lukman memberikan apresiasi kepada Armalicon yang telah membangun infrastruktur di Nagari Silareh Aia, Kecamatan Palembayan.

Dengan dibukanya jalan ini, maka petani tidak kesulitan untuk membawa hasil pertanian dari kebun ke jalan utama.

"Kita berharap masyarakat lain untuk mencontoh gebrakan warga Silareh Aia itu," katanya.

Program buka jalan, lapangan bola kaki dan drainase sangat membantu pemerintah setempat. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar