Wawako Solok sambut kafilah MTQ ke 38 tingkat Sumbar

id MTQ Sumbar,Wakil Wali Kota Solok

Wakil Wali Kota Solok, Reinier, dan Wakil Ketua DPRD, Irman Yefri Adang saat memberikan cenderamata untuk pimpinan rombongan dari kota dan kabupaten. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Solok (ANTARA) - Wakil Wali Kota Solok Reinier, menyambut kafilah MTQ ke 38 tingkat Sumatera Barat dari pelbagai kabupaten/kota diantaranya dari Kota Padang Panjang, Sawahlunto dan Kabupaten Solok di halaman Kantor Balai Kota Solok, Jumat.

“Selamat datang dan selamat bertanding kepada seluruh peserta MTQ, semoga nyaman di daerah kami," kata Wakil Wali Kota Solok, Reinier di depan seluruh kontingen dan pendamping yang telah hadir.

Wakil Wali Kota menyebutkan ajang MTQ ini merupakan salah satu wujud implementasi dari jargon Kota Solok sebagai Kota Beras Serambi Madinah.

"Kami berharap dengan adanya event seperti ini dapat mewujudkan jargon yang sudah kami idamkan sesuai kondisi masyarakatnya yang semakin taat beribadah dan makmur," sebutnya.

Reinier berharap pelaksanaan MTQ dapat berjalan aman. Sebab selain para peserta, Kota Solok juga diperkirakan akan didatangi oleh masyarakat luar.

Bahkan selain peserta dan pengunjung, terkait soal penilaian lomba, panitia MTQ Nasional ke 38 juga melibatkan lebih kurang 224 hakim dan panitera dari daerah, serta ada sekitar 15 orang hakim dari pusat.

Menurutnya, Kota Solok sudah sangat siap untuk melaksanakan dan menyukseskan gelaran MTQ dan menjadi tuan rumah yang baik bagi tamu dan kafilah yang datang dari berbagai daerah di Sumatera Barat.

"Alhamdulillah, persiapan kami sudah rampung 100 persen, tinggal penyempurnaan di beberapa bagian saja. Mudah-mudahan berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan," ujarnya.

Reinier juga meminta dukungan masyarakat untuk ikut membantu mewujudkan keamanan dan kenyamanan bagi setiap tamu atau peserta MTQ yang akan berada di Solok dari 14-22 Juni 2019.

"Ini merupakan alek kita bersama, sukses dan lancarnya juga tergantung dari dukungan dan kerja keras bersama, jangan sampai ada persoalan muncul dalam MTQ yang melibatkan daerah lain di Sumatera Barat," sebutnya.

Acara juga penyambutan juga dihadiri Sekda Kabupaten Solok Azwirman, Staf Ahli Kota Padang Panjang Rio Afdaneli, Kepala Kantor Kemenag Sawahlunto Idris nazar, Kepala dinas di wilayah Kota Solok, dan Peserta MTQ.

Sementara itu, Kabag Kesra Kota Solok, Heppy Darmawan menyebutkan ratusan personil gabungan diterjunkan dalam pengamanan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional ke 38 tersebut.

Personil TNI-Polri dan satpol PP akan melakukan pengamanan di tempat MTQ dan lokasi strategis lainnya.

Ia menyebutkan setidaknya ada sekitar 1.066 Qori dan Qoriah dari 19 kabupaten atau kota seSumbar yang hadir pada MTQ ke 38 di Kota Solok. Nantinya para peserta akan berkompetisi dalam 11 cabang perlombaan yang dibagi ke dalam 34 golongan.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar