Payakumbuh utus 96 kafilah untuk MTQ Sumbar

id MTQ Sumbar,Kafilah Payakumbuh

Payakumbuh utus 96 kafilah untuk MTQ  Sumbar

96 kafilah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Payakumbuh yang diutus untuk MTQ ke-38 tingkat Provinsi Sumbar. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Payakumbuh (ANTARA) - Kota Payakumbuh mengutus sebanyak 96 kafilah ke Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Sumatera Barat yang digelar 14-22 Juni di Kota Solok.

“Kegiatan keagamaan terutama berkaitan dengan Alqur’an ini perlu kita beri energi lebih, oleh karena itu, bagi kafilah MTQ Payakumbuh yang juara nanti, Pemko akan memberikan bonus ataupun reward,” tutur Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz, di Payakumbuh, Jumat.

Di sisi lain, katanya yang masa remajanya juga sering ikut MTQ, menekankan bahwa prestasi ataupun juara bukan tujuan utama, melainkan untuk syiar agama Alah.

“Kafilah Payakumbuh 100 persen berasal dari putra daerah. Kalau ada yang jago dari kita dipinang oleh daerah lain, tak perlu sedih. Kita tak mengejar prestise semata namun syiar agama Allah yang paling utama," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kankemenag Payakumbuh Mustafa berpesan agar kafilah memberikan penampilan maksimal.

“Secara persiapan kita sudah batanak sahabih bareh (berusaha maksimal), masalah hasil kita serahkan pada Allah, semoga bisa mengukir prestasi gemilang,” ucapnya.

Sebelumnya, Kabag Kesra Ul Fakhri 96 orang yang tergabung dalam kafilah MTQ Payakumbuh terebut terdiri dari 66 peserta yang mengikuti 12 cabang MTQ, pelatih 26 orang dan tim medis 3 orang.

"Kafilah dilengkapi dengan pakaian seragam, baju batik, peci, jas, sepatu, dan uang saku," ujarnya.

Pemusatan latihan atau Training Center (TC) sudah dilakukan sejak Januari 2019.

“Kami menganggarkan sebanyak 25 kali pertemuan dan berakhir menjelang Ramadan kemarin,” tuturnya.

Menjelang keberangkatan, Kesra juga menganggarkan untuk karantina selama tiga hari bagi kafilah di Hotel Bando Kanduang. (*)