600 perusahaan AS desak Trump selesaikan sengketa perdagangan dengan China

id perang dagang,AS-China,KTT G20

600 perusahaan AS desak Trump selesaikan sengketa perdagangan dengan China

Presiden Amerika Serikat Donald Trump (Reuters)

Washington, (ANTARA) - Walmart Inc, Target Corp, dan lebih dari 600 perusahaan lain mendesak Presiden AS Donald Trump dalam sepucuk surat pada Kamis (13/6/2019) untuk menyelesaikan sengketa perdagangan dengan China, dengan mengatakan bahwa tarif merugikan bisnis dan konsumen Amerika.

Surat ini adalah yang terbaru dari banyak yang dikirim ke pemerintah Trump, sebelumnya melalui Tarif Hurt the Heartland, kampanye nasional menentang tarif yang didukung oleh lebih dari 150 kelompok perdagangan yang mewakili pertanian, manufaktur, ritel, dan industri teknologi.

Tetapi ini penting karena ketegangan perdagangan Amerika Serikat-China meningkat dan terjadi sebelum pertemuan yang mungkin antara Trump dan Presiden Cina Xi Jinping pada KTT G20 28-29 Juni di Osaka, Jepang. Trump mengatakan dia ingin bertemu Xi di sana dan akan memutuskan apakah akan memperpanjang tarif ke hampir semua impor China setelah itu.

Dengan kurang dari tiga minggu sebelum pembicaraan antara pemimpin Tiongkok dan Amerika Serikat, harapan untuk kemajuan dalam mengakhiri perang dagang rendah. Sumber-sumber telah mengatakan kepada Reuters bahwa ada sedikit persiapan untuk pertemuan meski kesehatan ekonomi dunia dipertaruhkan.

"Kami tetap khawatir tentang kenaikan saling balas tarif," surat baru yang dikirim pada Kamis (13/6/2019) mengatakan. "Tarif yang diterapkan secara luas bukanlah alat yang efektif untuk mengubah praktik perdagangan tidak adil China. Tarif adalah pajak yang dibayarkan langsung oleh perusahaan AS ... bukan China. ”

Gedung Putih tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Walmart, pemberi kerja sektor swasta terbesar di Amerika Serikat dan pengecer terbesar di dunia, mengatakan tarif akan menaikkan harga-harga bagi konsumen Amerika Serikat.

"Perdagangan secara keseluruhan telah baik bagi orang Amerika, baik bagi konsumen ... dan saya menyadari hal itu kadang-kadang dikritik," kata Kepala Eksekutif Walmart Doug McMillon pekan lalu. Dia mendesak pemerintah Trump fokus pada bagaimana perdagangan membantu sejumlah besar orang di negara ini dan "bukan hanya mereka yang membahayakan."

Tambahan 25 persen tarif impor senilai 300 miliar dolar AS, di atas yang sudah dipungut, akan menghapus lebih dari dua juta pekerjaan di Amerika Serikat, kata surat itu, mengutip perkiraan dari konsultan internasional Trade Partnership.

Mereka juga akan menambahkan lebih dari 2.000 dolar AS dalam biaya untuk rata-rata empat keluarga Amerika dan mengurangi nilai Produk Domestik Bruto AS sebesar satu persen, katanya.

"Perang dagang yang meningkat bukan demi kepentingan terbaik negara itu, dan kedua belah pihak akan kalah," kata surat itu. (*)