Harga minyak dunia melonjak setelah serangan kapal tanker di dekat Iran

id harga minyak,minyak mentah,serangan kapal tanker,minyak brent

Harga minyak dunia melonjak setelah serangan kapal tanker di dekat Iran

Illustrasi: Kapal tanker yang dilaporkan mengalami serangan di Teluk Oman (Ustoday.com)

Houston, (ANTARA) - Harga minyak melonjak sekitar dua persen pada penutupan perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), setelah serangan terhadap dua kapal tanker minyak di Teluk Oman memicu kekhawatiran berkurangnya aliran perdagangan minyak mentah melalui salah satu rute pengiriman utama di dunia itu.

Serangan di dekat Iran dan Selat Hormuz itu menyalakan kembali kekhawatiran tentang dampak aliran dari Timur Tengah jika perusahaan-perusahaan asuransi mulai mengurangi cakupan untuk perjalanan melalui wilayah tersebut, dan perusahaan pelayaran tambahan menunda pemesanan baru, kata para analis.

Gangguan seperti itu "dapat semakin memperburuk masalah pasokan," kata Andy Lipow, seorang analis di Lipow Oil Associates di Houston.

Pemilik kapal tanker minyak DHT Holdings dan Heidmar menangguhkan pemesanan baru ke Teluk Timur Tengah, kata tiga pialang kapal.

"Ini adalah serangan kedua dalam waktu satu bulan," kata John Kilduff, seorang mitra di Again Capital LLC di New York. "Ini meningkatkan taruhan untuk risiko asuransi."

Ketegangan di Timur Tengah telah meningkat sejak Presiden Amerika Serikat Donald Trump menarik diri dari pakta nuklir multinasional 2015 dengan Iran dan menerapkan kembali sanksi-sanksi, terutama menargetkan ekspor minyak Teheran.

Iran, yang menjauhkan diri dari serangan sebelumnya, mengatakan tidak akan takut dengan apa yang disebut perang psikologis.

Episode ini juga menimbulkan kekhawatiran akan konfrontasi baru antara Iran dan Amerika Serikat yang menyalahkan Teheran atas insiden tersebut.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan Amerika Serikat telah menilai Iran berada di balik serangan itu, dan sampai pada kesimpulannya berdasarkan intelijen, senjata yang digunakan, dan tingkat keahlian yang diperlukan untuk serangan terhadap tanker di Teluk Oman.

Juga mendukung minyak bergairah adalah tanda-tanda bahwa anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) hampir menyetujui untuk melanjutkan pemotongan produksi.

Minyak mentah Brent untuk pengiriman Agustus naik 1,34 dolar AS atau 2,23 persen menjadi ditutup pada 61,31 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange, setelah naik sebanyak 4,5 persen menjadi 62,64 dolar AS.

Sementara itu, minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli naik 1,14 dolar AS atau 2,23 persen menjadi menetap pada 52,28 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange. WTI sebelumnya naik sebanyak 4,5 persen menjadi 53,45 dolar AS.

Saham-saham AS naik setelah dua hari menurun, dengan indeks energi S&P naik paling tinggi di antara 11 sektor utama S&P.

Analis mengatakan perubahan harga diperlemah oleh perkiraan suram baru-baru ini untuk permintaan minyak mentah global.

"Mengejutkan bahwa reaksi pasar telah diredam," kata Derek Brower, seorang direktur di RS Energy Group. "Bagi para pedagang, kekhawatiran tentang melemahnya gambaran permintaan minyak global adalah di depan pikiran dan cukup untuk mengalahkan ancaman geopolitik nyata dan nyata terhadap pasokan fisik."

Pertumbuhan permintaan minyak mentah global akan mencapai 70.000 barel per hari (bph) kurang dari yang diperkirakan tahun ini, sekitar 1,14 juta barel per hari, OPEC memproyeksikan dalam laporan pasar minyak bulanannya.

"Risiko penurunan signifikan dari meningkatnya sengketa perdagangan yang meluas ke pertumbuhan permintaan global tetap ada," kata OPEC dalam laporan itu.

Departemen Energi AS minggu ini menurunkan perkiraan permintaan global menjadi 1,2 juta barel per hari, turun 200.000 barel per hari dari perkiraan Mei.

Analis juga telah merevisi perkiraan pertumbuhan permintaan minyak global yang lebih rendah setelah perang perdagangan AS-China terus meningkat sejak bulan lalu dengan saling balas tarif yang meningkat.

Konsultan energi FGE dan bank Inggris Barclays minggu ini merevisi turun perkiraan pertumbuhan permintaan minyak global mereka menjadi sekitar 1,0 juta barel per hari dari sekitar 1,3 juta barel per hari.

Revisi perkiraan datang karena investor semakin khawatir tentang pembicaraan perdagangan antara Amerika Serikat dan China, yang dapat dihidupkan kembali pada KTT G20 di Jepang pada akhir Juni.

"Pasar telah menyetujui gagasan bahwa negosiasi perdagangan akan berlarut-larut," kata Kepala Penelitian Komoditas Global BNP Paribas, Harry Tchilinguirian. "Secara alami, perpanjangan sengketa perdagangan dapat membebani pertumbuhan ekonomi."

Kedua tolok ukur minyak mentah ditetapkan untuk kenaikan harian terbesar sejak awal Januari, tetapi mereka tetap menuju kerugian mingguan.

Harga minyak telah merosot di sesi sebelumnya karena kenaikan tak terduga dalam stok minyak mentah AS dan prospek penurunan permintaan minyak global. (*)