Bupati Solok minta 62 kafilah ikuti MTQ Sumbar tingkatkan prestasi

id gusmal

Bupati Solok, Gusmal menyalami kafilah Kabupaten Solok yang akan berlomba pada 14 Juni mendatang. (Dok. Humas Pemkab Solok)

​​​​​​​Arosuka (ANTARA) - Bupati Solok, Sumatera Barat, Gusmal meminta 62 kafilah yang mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 38 tingkat provinsi tersebut dapat meningkatkan prestasi daerah dari tahun sebelumnya.

"Pada MTQ ke 37 di Kota Pariaman, Solok hanya berada di peringkat 12, saya berharap tahun ini peringkat daerah di Sumbar naik dan lebih baik lagi dari 2017 kemarin," kata Bupati Solok, Gusmal di Koto Baru, Selasa (11/6) saat pelepasan kafilah peserta MTQ dari daerah tersebut.

Ia menyebutkan selain mengejar prestasi dan juara, peserta MTQ hendaknya sudah menanamkan sifat keikhlasan dan semangat untuk mengikuti perhelatan setiap dua tahun sekali tersebut. Sehingga, menang bukanlah tujuan utama.

Menurutnya, untuk meraih prestasi terbaik tentu perlu persiapan yang matang, serta semangat dan motivasi yang tinggi dalam menghadapi ajang MTQ ke 38 tingkat Provinsi Sumatera Barat ini.

"Jadi, kafilah jangan menganggap enteng perlombaan, sehingga lebih serius berlatih dan mengulang bacaan ataupun hapalan sehingga persiapan lebih maksimal," katanya.

Selain itu, ia berharap para khafilah agar menjaga kesehatan, nama baik daerah dan sportivitas selama mengikuti perlombaan di Kota Solok. Pelatih dan official juga diharapkan terus mendampingi dan mengarahkan kafilah secara serius saat bertanding.

"Selamat berlomba kepada anak-anakku sekalian yang akan mengikuti MTQ ke 38, berikan yang terbaik untuk daerah dengan penuh keikhlasan dan rendah hati," ujarnya.

Ia berharap selanjutnya dengan MTQ ini dapat melahirkan anak-anak yang berprestasi serta berakhlak mulia di Kabupaten serta dapat mewakili Provinsi Sumatera Barat dalam ajang MTQ di tingkat Nasional kedepannya.

Sementara Kepala Kantor Kemenag diwakili Kasi Bimas Islam, Zulkifli mengatakan persiapan kafilah Kabupaten Solok sudah cukup matang dan berkelanjutan.

"Persiapan dilaksanakan sejak beberapa bulan ke belakang di Kantor Kemenag setempat," sebutnya.

Zulkifli menyebut jumlah kontingen Kabupaten Solok yang akan mengikuti ajang MTQ sebanyak 62 orang, yang nantinya akan mengikuti 11 cabang perlombaan.

"Saya berharap Kabupaten Solok dapat melakukan perbaikan peringkat di tingkat Provinsi Sumatera Barat pada 2019 ini dan banyak wakilnya yang menjadi kafilah di MTQ Nasional pada 2020," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar