BPS sosialisasikan pemutakhiran data perkembangan desa

id BPS,Fadly Amran

Sosialisasi pemutakhiran data perkembangan desa dan kelurahan. (Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat menyosialisasikan pemutakhiran data perkembangan desa dan kelurahan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) setempat guna menghasilkan data akurat untuk membangun daerah.

Kepala BPS Padang Panjang Arius Jonnaidi di Padang Panjang, Kamis, mengatakan pengenalan pemutakhiran data perkembangan desa dan kelurahan bermanfaat memudahkan pengumpulan dan menghasilkan data akurat.

Pemutakhiran data perkembangan desa selanjutnya akan bermanfaat untuk menyediakan data dasar menghitung indeks kesulitan geografis (IKG), menghasilkan data ekonomi, data sarana dan prasarana wilayah, klasifikasi desa, pemutakhiran peta wilayah dan lainnya.

Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran mengatakan berkaitan dengan sosialisasi tersebut, ia menginstruksikan agar camat, lurah dan setiap perangkat daerah berkoordinasi dengan BPS untuk menghasilkan data yang benar.

Menurutnya data yang tepat dapat dijadikan sebagai acuan menetapkan langkah untuk membangun daerah.

"Sebagai daerah yang mendapat penghargaan 'Smart City', pemanfaatan data yang akurat dalam membangun daerah juga menjadi tantangan tersendiri sehingga kami harap kerja sama perangkat daerah untuk kegiatan ini," ujarnya.

Setelah sosialisasi itu, ia meminta camat, lurah dan OPD agar membantu memudahkan petugas dari BPS dalam mengumpulkan dan memberikan data yang dibutuhkan berkaitan perkembangan potensi desa dan kelurahan.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar