Harga cabai merah dan bawang putih naik di Agam

id cabai merah,bawang putih,harga komoditas naik

Harga cabai merah dan bawang putih naik di Agam

Cabai merah (Foto Antara Sumut/Waristo)

Lubukbasung (ANTARA) - Harga cabai merah dan bawang putih naik di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Agam, Sumatera Barat, setelah Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Agam, Nelfia Fauzana di Lubukbasung, Kamis, mengatakan harga cabai merah naik dari Rp25 ribu menjadi Rp48 ribu per kilogram dan harga bawang putih naik dari Rp34 ribu menjadi Rp40 ribu per kilogram.

"Harga cabai merah naik Rp23 ribu per kilogram dan harga bawang putih naik Rp16 ribu per kilogram," katanya.

Ia mengatakan naiknya harga dua kommoditas itu akibat persediaan berkurang di daerah penghasil. Sedangkan kebutuhan bahan ini cukup tinggi dari masyarakat.

"Ini berdasarkan informasi yang kita peroleh dari pedagang di Pasar Balai Selasa dan Pasar Impres Padang Lubukbasung, Kecamatan Lubukbasung," katanya.

Selain harga cabai merah dan bawang putih naik, tambahnya, harga ayam broiler juga naik dari Rp50 ribu menjadi Rp68 ribu per ekor, bawang merah dari Rp35 ribu menjadi Rp36 ribu per kilogram, bawang prey dari Rp8 ribu menjadi Rp15 ribu per kilogram.

Sedangkan harga kebutuhan yang turun seperti, harga ayam kampung dari Rp85 ribu menjadi Rp80 ribu per ekor, beras Ir 42 dari Rp11.500 menjadi Rp11 ribu per kilogram, beras benang pulau dari Rp11.500 menjadi Rp11 ribu per kilogram dan beras kuruik kusuik dari Rp14 ribu menjadi Rp11 ribu per kilogram.

"Harga kebutuhan itu turun dari Rp500 sampai Rp5.000 per kilogram," katanya.

Sementara harga kebutuhan pokok yang normal seperti, beras benang pulau Rp11 ribu per kilogram, gula pasir Rp12 ribu per kilogram, daging sapi Rp120 ribu per kilogram, hati sapi Rp120 ribu per kilogram.

Selain itu harga telur ayam kampung Rp2.500 per butir, telur ayam ras Rp1.500 per kilogram, telur bebek Rp2.500 per butir dan lainnya. (*)