Ini manfaat kemajuan teknologi bagi UMKM menurut Bupati Tanah Datar

id Irdinansyah Tarmizi,tanah datar,sumbar

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi. (Antara Sumbar/Etri Saputra)

Batusangkar, (ANTARA) - Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat Irdinansyah Tarmizi memintaWali Nagari dan pelaku UMKMmemanfaatkan kemajuan teknologi dalam mempromosikan hasil produk yang ada di daerah mereka.

"Kita harus mampu memanfaatkan kemajuan teknologi, seperti website nagari untuk mempromosikan usaha kita, sehingga kemajuan usaha bisa disampaikan kepada siapa saja dan dimana saja," Kata Bupati Irdinansyah di Batusangkar Senin.

Menurutnya penjualan secara online sangat efektif untuk mempromosikan produksi unggulan di nagari seiring perkembangan zaman dan gaya hidup konsumen.

Ia mengimbau kepada pengusaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan pemerintah setempat bersinergi dalam mengembangkan usaha tersebut, seperti Dinas PMDPPKB, Kominfo, Koperindag, Wali Nagari serta anak nagari.

"Dengan memanfaatkan teknologi dalam memasarkan suatu produk, tentu saja para pelaku pasar ekonomi kreatif memiliki kesempatan sama dengan pengusaha yang lebih besar," katanya.

Ia berharap dengan program "one village one produck" yang dijalankan Pemkab Tanah Datar di tiap nagari bisa meningkatkan kreatifitas pengusaha dalam memasarkan produknya.

Sebelumnya Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Tanah Datar Marwanmengatakan pihaknya terus melakukan peningkatan produksi daya saing UMKM di daerah itu dengan membentuk usaha koperasi.

Selain itu pihaknya juga melakukan pelatihan bagi pelaku UMKM di sentra tenun Lintau Buo bekerja sama dengan Badan Diklat Indonesia Padang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, serta Yayasan Griya Minangkabau.

"Mulai dari menenun, membatik, termasuk proses pengerjaan hingga penyulamannya diajarkan kepada masyarakat," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar