Kapal Wisata di Singkarak "Panen" saat Libur Lebaran

id Kapal

Wisatawan berkeliling danau singkarak menggunakan kapal wisata (ANTARA SUMBAR/Erik Ifansya Akbar)

Solok (ANTARA) - Pengelola kapal wisata untuk keliling Danau Singkarak di Kabupaten Solok, Sumatera Barat panen rezeki saat musim libur lebaran.

"Dengan biaya Rp10 ribu setiap orang penumpang diajak berkeliling Danau Singkarak sekitat 15 menit dan selama libur lebaran biasanya kami bisa menghasilkan sampai Rp20 juta lebih", kata salah seorang pengelola kapal wisata danau singkarak, Riki, di Solok, Jumat.

Saat libur katanya, banyak masyarakat dari berbagai daerah yang berwisata ke danau Singkarak tetapi yang paling ramai memang saat libur Lebaran.

Untuk libur lebaran Idul Fitri 1440 hijriah wisatawan sudah mulai ramai sejak Kamis atau satu hari setelah pelaksanaan salat idul fitri.

"Empat hari ini biasanya puncak ramainya pengunjung sebab pada Senin sebagian besar pegawai baik swasta dan perusahaan sudah mulai bekerja," ujarnya.

Dia mengatakan, kapal yang ia kelola memiliki mesin 15 PK dan bisa membawa 60 orang sekali jalan.

Kalau tidak musim libur lebaran katanya, biasanya pengunjung tidak terlalu ramai dan hanya Sabtu dan Minggu saja.

"Kerja saya sehari-harinya memang ini dan saat libur lebaran ini penghasilan paling tinggi," ujarnya.

Untuk mengoperasikan kapal wisata ini biasanya dilakuka oleh dua orang dimana ia satu bertindak mengoperasikan mesin dan seorang lagi bertugas melihat halangan didepan.

"Di danau Singkarak banyak tali keramba masyarakat sehingga butuh penunjuk arah didepan supaya tidak tersangkut di mesin kapal," ujarnya.

Salah satu penumpang Aswarni mengatakan, kalau yang ingin naik kapal wisata ini anaknya.

"Anak sih yang ingin naik kalau kita sebagaj orang tua kan cuma mendampingi," ujarnya.*
Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar