Portugal menatap final Nations League

id timnas portugal,timnas swiss,uefa nations league,cristiano ronaldo,cr7

Portugal menatap final Nations League

Megabintang tim nasional Portugal Cristiano Ronaldo merayakan gol ketiganya ke gawang Swiss dalam laga semifinal UEFA Nations League di Stadion do Dragao, Porto, Portugal, Rabu (5/6/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Susana Vera)

Jakarta (ANTARA) - Megabintang Cristiano Ronaldo mengemas trigol untuk mengantarkan tim nasional Portugal ke partai final UEFA Nations League setelah menyingkirkan Swiss dengan skor 3-1 pada babak semifinal di Estadio do Dragao, Porto, Portugal, Kamis dini hari WIB.

Ronaldo mencetak gol pertamanya pada menit ke-25 lewat eksekusi tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti usai dilanggar Fabian Schaar dan membuat kiper Yann Sommer mati langkah, demikian catatan laman resmi UEFA.

Gol itu memberi keunggulan bagi Portugal di tengah laga yang berjalan cukup imbang, namun sejumlah peluang Swiss termasuk percobaan Haris Seferovic yang membentur mistar gawang pada menit ke-43.

Dua menit kemudian, talenta muda yang tengah naik daun dan menjalani debutnya bersama timnas Portugal, Joao Felix, memperoleh peluang usai mendapat umpan tarik dari Ronaldo, namun ia gagal menaklukkan Sommer dalam situasi satu lawan satu.

Pada menit ke-53 dua insiden terjadi di dalam kotak penalti Portugal maupun Swiss secara berurutan. Wasit Felix Byrch awalnya memberikan hadiah penalti untuk Portugal atas pelanggaran Schaar terhadap Bernardo Silva.

Namun, ia kemudian meninjau tayangan ulang teknologi VAR dan membatalkan keputusan itu sebelum berbalik memberikan tendangan penalti untuk Swiss atas pelanggaran Nelson Semedo terhadap Steven Zuber.

Kesempatan itu sukses dimanfaatkan dengan baik oleh Ricardo Rodriguez yang membuat kedudukan menjadi imbang 1-1 pada menit ke-57 dengan menaklukkan kiper Rui Patricio dari titik putih.

Pertandingan terus berjalan berimbang hingga dua menit jelang waktu normal berakhir Portugal merestorasi keunggulan lewat gol kedua Ronaldo yang dengan tenang menyelesaikan umpan tarik kiriman Bernardo Silva untuk mengubah skor menjadi 2-1.

Tepat pada menit terakhir waktu normal, Ronaldo melengkapi raihan trigolnya dengan ketenangannya menerima umpan kiriman Goncalo Guedes di tepian kotak penalti, mengecoh Manuel Akanji dan melepaskan tembakan melengkung yang tak mampu dijangkau Sommer.

Gol Ronaldo memastikan Portugal menang 3-1 atas Swiss dan melenggang ke final menantikan pemenang laga semifinal lain antara Belanda kontra Inggris yang bakal berlangsung di Stadion D. Alfonso Henriques, Guimaraes, Portugal, Jumat (7/6) dini hari WIB.

Susunan pemain:

Portugal (4-4-2): Rui Patricio; Nelson Semedo, Pepe (Jose Fonte), Ruben Dias, Raphael Guerreiro; Bruno Fernandes (Joao Moutinho), William Carvalho, Ruben Neves, Bernardo Silva; Joao Felix (Goncalo Guedes), Cristiano Ronaldo

Pelatih: Fernando Santos

Swiss (4-4-1-1): Yann Sommer; Kevin Mbabu, Fabian Schaar, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Denis Zakaria (Edimilson Fernandes), Remo Freuler (Josip Drmic), Granit Xhaka, Steven Zuber (Renato Steffen); Xherdan Shaqiri; Haris Seferovic

Pelatih: Vladimir Petkovic

Baca juga: Tiga gol Ronaldo antarkan Portugal ke final Liga Negara