Ribuan jamaah ikuti shalat Id di halaman kantor Bupati Agam

id sahalat id

Ribuan jamaah ikuti shalat Id di halaman kantor Bupati Agam

Ribuan jamaah mengikuti shalat Idul Fitri di halaman kantor bupati Agam, Rabu (5/6).  (Antara Sumbar/Yusrizal)

Lubukbasung, (ANTARA) - Ribuan jamaah mengikuti shalat Idul Fitri 1440 Hijriah yang digelar di halaman Kantor Bupati Agam, Sumatera Barat, Rabu.

Shalat Idul Fitri dihadiri Bupati Agam Indra Catri, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, Ketua DPRD Agam Marga Indra Putra, Forkopimda, kepala OPD, masyarakat dan perantau Agam.

Pada kesempatan itu Bupati Agam Indra Catri mengatakan semenjak terbenamnya matahari pada Selasa (4/6) sore sampai Rabu (5/6) pagi, senantiasa diisi oleh kalimat takbir, tahmid dan tahlil.

"Kalimat ini tidak henti-hentinya dikumandangkan oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia," katanya.

Ia mengatakan, guna meraih predikat taqwa berbagai kegiatan penting telah dilaksanakan oleh masyarakat seperti, Shalat Tarawih, tadarus Al - Quran dan itikaf di masjid dan mushala.

Bupati mengimbau untuk mempertahankan hal tersebut agar menjadi masyarakat yang madani.

"Atas nama pribadi dan pemerintah, saya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah," katanya.

Sementara itu, Khatib Idul Fitri, Ismail Novel menembahkan setelah selesai Ramadhan dan Idul Fitri ini, umat Islam di negeri ini niscaya dapat menyebarkan energi positif dalam membangun akhlak diri dan lingkungan sosial yang dapat membuahkan kedamaian, ketulusan, tolong menolong serta menjalin hubungan sesama.

"Saat ini kita sangat prihatin dengan rusaknya hubungan sosial, sebahagian orang karena permasalahan yang sepele tidak jarang dengan mudahnya melakukan tindakan anarkis yang berujung dengan hilangnya nyawa seseorang," katanya.

Ia menambahkan, melalui media sosial tidak jarang munculnya ujaran kebencian dan hoax atau berita-berita bohong, tidak patut sebagai umat Islam untuk melakukan dan mencontoh perbuatan tersebut.

Setelah menjalani Ramadhan dan Idul Fitri ini, haruslah mampu menampilkan perilaku yang baik dan berakhlak mulia, mulia dalam berfikir, mulia dalam bersikap dan bertindak baik untuk diri sendiri maupun untuk manusia lainnya.

Setelah pelaksanaan Shalat Idul Fitri, dilanjutkan halal bi halal di rumah dinas bupati. (*)