Menhub menilai mudik Lebaran tahun ini lebih lancar

id Kemenhub,Menhub,mudik Lebaran,Lebaran 2019

Menhub menilai mudik Lebaran tahun ini lebih lancar

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengecek kondisi arus mudik terkini di Posko Terpadu Lebaran 2019. (BKIP Kemenhub)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menilai penyelenggaraan mudik Lebaran tahun ini lebih lancar dibandingkan dengan tahun sebelumnya karena didukung pembangunan infrastruktur yang menghubungkan kota ke kota baik di Pulau Jawa maupun Sumatera dan penyiapan strategi untuk mengurai kemacetan.

“Tahun 2019 merupakan suatu pembuktian bahwa pembangunan infrastruktur sangat berguna bagi masyarakat dari kota ke kota. Terbukti perjalanan mudik tahun ini dari Jakarta ke Semarang enam jam, Jakarta ke Solo delapan jam, Jakarta ke Surabaya kurang dari 10 jam. Hal yang sangat menggembirakan terutama bagi pemudik. Masyarakat puas karena mudik tahun ini lancar,” ujar Menhub dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Tidak hanya melalui segi infrastruktur, keberhasilan penyelenggaraan mudik tahun ini juga merupakan kerja sama yang baik antara pemangku kepentingan.

“Saya mengapresiasi kerja sama Pemerintah Pusat dengan Polri, Pemda yang turut membantu kelancaran mudik. Mereka bekerja dengan baik seperti tidak terjadi kemacetan di pasar tumpah, bahkan wilayah Nagrek yang biasanya macet, kemarin ini lancar,” kata Menhub.

Dalam kesempatan tersebut, Menhub juga mengimbau pemudik untuk kembali ke Jakarta pada 6 atau 7 Juni.

“Puncak arus balik diprediksi pada 8 dan 9 Juni, karenanya saya menganjurkan para pemudik untuk kembali ke Jakarta pada 6 atau 7 Juni,” kata Menhub.

Angka kecelakaan

Angka kecelakaan lalu lintas mengalami penurunan sekitar 60 persen pada arus mudik tahun 2019.

Angka ini cukup menggembirakan, mengingat aspek keselamatan dapat ditingkatkan dalam perjalanan mudik 2019.

“Ada suatu data yang signifikan yaitu angka kecelakaan menurun drastis mencapai 60 persen dibandingkan tahun lalu. Artinya isu-isu yang telah kita upayakan agar mudik berjalan lancar dan keselamatan itu berhasil,” kata Menhub.

Ia menambahkan, pengaturan di jalan tol, pengurangan motor melalui mudik gratis serta kegiatan pengecekkan atau ramp check pada bus-bus turut serta mengurangi kecelakaan yang di jalan.

Namun, Menhub mengingatkan pemudik agar terus waspada terutama pada saat arus balik ke Jakarta.

“Biasanya sehabis berlibur kan capek, jaga terus kondisi badan. Istirahat dahulu jika sudah kelelahan,” kata Menhub.

Melalui data dari Kakorlantas, jumlah kecelakaan lalulintas pada 2019 sebanyak 336 kejadian dibanding 2018 yang mencapai 831 kejadian.

Untuk korban meninggal dunia pada 2019 sebanyak 74 jiwa, sedangkan pada 2018 mencapai 178 jiwa.

Korban luka berat pada 2019 sebanyak 53 orang, sedangkan pada 2018 sebanyak 175 orang, dan untuk korban luka ringan pada 2019 sebanyak 351 orang, sedangkan pada 2018 mencapai 1.082 orang.