Militer serukan pemilu dalam sembilan bulan pascakerusuhan mematikan di Sudan

id Militer Sudan,Pemilihan umum,Batalkan kesepakatan

Militer serukan pemilu dalam sembilan bulan pascakerusuhan mematikan di Sudan

Dewan Militer Peralihan Sudan (TMC) pada Selasa menyatakan dewan itu membatalkan semua kesepakatan sebelumnya dengan koalisi oposisi utama dan menyerukan pemilihan umum dini setelah kerusuhan mematikan di Ibu Kota Sudan, Khartoum. (Foto. ANTARA/REUTERS/Stringer)

Kairo, (ANTARA) - Dewan Militer Peralihan Sudan (TMC) pada Selasa menyatakan dewan itu membatalkan semua kesepakatan sebelumnya dengan koalisi oposisi utama dan menyerukan pemilihan umum dini setelah kerusuhan mematikan di Ibu Kota Sudan, Khartoum.

Pasukan keamanan bergerak untuk membubarkan kamp protes utama di luar gedung Kementerian Pertahanan.

Pembicaraan antara TMC dan aliansi Deklarasi Kekuatan Kebebasan dan Perubahan (DFCF) telah macet kendati berpekan-pekan perundingan.

Meskipun masa peralihan tiga-tahun sebelum pemilihan umum dan pembentukan badan legislatif telah ditetapkan, pembicaraan mengenai apakah warga sipil atau militer memegang tampuk kekuasaan di badan kedaulatan untuk memimpin negeri tersebut selama masa peralihan tiga-tahun menuju demokrasi macet.

Di dalam pidatonya, Letnan Jenderal Abdel Fattah Al-Burhan mengatakan koalisi itu sama bertanggung-jawabnya atas penundaan dicapainya kesepakatan akhir, demikian laporan Reuters --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa.

Al-Burhan mengatakan pemilihan umum akan diselenggarakan dalam waktu sembilan bulan.

Pasukan keamanan menyerbu satu kamp protes di Khartoum pada Senin dini hari dan petugas medis yang berhubungan dengan oposisi mengatakan lebih dari 35 orang tewas dalam apa yang menjadi kerusuhan terburuk sejak tergulingnya presiden Omar Al-Bashir pada April.

Al-Burhan berjanji akan melakukan penyelidikan mengenai peristiwa mematikan tersebut. (*)