Arus lalu lintas di Ombilin meningkat mencapai 500 kendaraan perjam

id Ombilin,Polres Tanah Datar,Arus Mudik

Arus lalu lintas si Pos Pengamanan Ombilin Tanah Datar Senin, (3/6). (Antara Sumbar/Etri Saputra)

​​​​​​​Batusangkar (ANTARA) - Arus kendaraan pada H-2 Lebaran di jalan lintas Sumatera Ombilin Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat terpantau meningkat dan dilewati 500 kendaraan roda empat per jam.

Kepala Unit Pengaturan Penjagaan Pengawalan dan Patroli (Turjawali) Polres Taanah Datar Ipda Hendra di Batusangkar Senin, mengatakan meski sudah terjadi peningkatan kendaraan sampai saat ini masih ramai lancar tanpa hambatan.

"Diperkirakan dalam satu jam dilalui sebanyak 500 kendaraan roda empat dan 700-750 kendaraan roda dua," Katanya.

Ia mengatakan kendaraan yang melintas didominasi oleh kendaraan dari luar Sumatera Barat, seperti kendaraan yang melaju dari Jakarta dan Provinsi Riau.

Ia memperkirakan puncak arus mudik di jalan lintas Sumatera tersebut terjadi pada Selasa (4/6) malam atau bertepatan dengan malam takbiran.

Karena menurutnya dari pantauan yang dilakukan tim di pos pengamanan Ombilin kebayakan pemudik yang melintas dijalur itu terjadi pada malam hari.

"Kalau dari pantauan di lapangan kebanyakan pemudik lewat pada malam hari karena perjalanan dimalam hari dinilai lebih sejuk," katanya.

Ia mengimbau kepada pemudik agar berhati-hati selama diperjalanan. Ia menyarankan lebih baik berhenti sejenak dari pada berkendara dalam keadaan mengantuk dan lelah.

"Kami dari satuan Polres Tanah Datar menghimbau bagi pemudik agar berhati- hati di jalan, jika terasa lelah silahkan cari rest area, ingat keluarga kita menanti dirumah," ujarnya.

Ia mengatakan selama arus mudik lebaran 1440 Hijriah di wilayah hukum Polres Tanah Datar sudah terjadi dua kali kecelakaan lalu lintas dan dua orang korban.

Yaitu tabrakan antara sepeda motor dengan mobil di Guguak Cino, Kecamtan Tanjung Emas yang mengakibatkan satu pengendara motor meninggal dunia.

Dan kecelakaan yang menabrak seorang pejalan kaki di Kecamatan Tanjung Baru atau di jalan raya Bukittinggi-Batusangkar.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar