H-4 lebaran, arus lalu lintas di Tanah Datar terpantau lancar

id Tanah datar

Arus lalulintas di jalan raya Bukittinggi-Batusangkar tepatnya di Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar Sabtu, (1/6) (ANTARA SUMBAR/Etri Saputra)

Batusangkar (ANTARA) - Arus lalu lintas kendaraan yang melintas di wilayah Tanah Datar, Sumatera Barat khususnya jalan raya Bukittinggi-Batusangkar pada empat hari jelang lebaran (H-4) masih terpantau aman dan lancar.

"PantauanPospamPolres Tanah Datar hingga saat ini masih aman dan lancar, meski sudah ada peningkatan volume kendaraan," Kata Kabag humas Polres Tanah Datar Marjhoni Usman saat di temui di Pos Keamanan lebaran di Batusangkar, Sabtu.

Peningkatan volume kendaraan yang melintas didominasi oleh perantau yang datang dari Provinsi Riau dan sekitarnya dengan menggunakan mobil pribadi dan kendaraan bermotor.

Ia memprediksi puncak arus lalu lintas di wilayah itu akan terjadi pada Minggu hingga Senin. Karena ia melihat satu-persatu kendaraan bernomor polisi seri Jakarta dan sekitarnya sudah memasuki wilayah setempat.

"Satu-persatu kendaraan seri Jakarta, Bandung, Palembang dan sekitarnya sudah ada yang melintas. Kalau perantau berangkatnya kemaren dan hari ini, diperkirakan puncaknya akan terjadi besok dan Senin," Katanya.

Untuk memberikan rasa nyaman kepada pengendara di Pospam tersebut, pihaknya menyediakan tempat istirahat bagi pemudik yang merasa kelelahan dan melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Di Pospam ini dengan gabungan dari TNI-Polri dan Dinas Perhubungan serta tenaga medis kami siap melayani pemudik," Ujarnya.

Kendati demikian, ia menyarankan pemudik agar tidak memaksakan diri dalam berkendara untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas di jalan raya, karena keselamatan adalah yang utama.*

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar