Untuk penyegaran, Pemkab Tanah Datar rotasi 31 jabatan eselon III

id Irdinasyah Tirmizi

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi melantik dan mengambil sumpah 31 pejabat eselon III di aula Bupati setempat Jumat (31/5). (Antara Sumbar/Etri Saputra)

Batusangkar, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat melakukan rotasi dan pengambilan sumpah 31 pejabat administrasi untuk penyegaran dan percepatan perbaikan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di daerah itu.

Bupati Tanah Datar Irdinanayah Tarmizi di Batusangkar Jumat, mengatakan mutasi di lingkup pemerintahan adalah hal biasa dalam rangka memperkaya pengalaman aparatur untuk memimpin pemerintah daerah.

"Yang telah disesuaikan dengan tugas pokok dan fungsi aparatur tersebut untuk menciptakan Tanah Datar menjadi daerah yang bermartabat dan madani sesuai dengan RPJMD daerah," katanya.

Ia mengharapkan pejabat yang dilantik harus mempertanggung jawabkan jabatan yang telah diamanahkan dan bekerja sebaik-baiknya sesuai pangkat dan golongan.

Pejabat harus bersikap rendah hati baik kepada bawahan maupun sesama staf di lingkup OPD agar tercipta harmonisasi antar sesama. Karena dengan rendah hati akan membuat kita merasa bersukur dan bisa memotivasi diri.

Bangunlah tim kerja dengan profesional dan bekerja dengan loyal hingga bisa mencapai lajur yang telah di gariskan oleh OPD masing masing, dan jangan sekali-kali menggunakan diluar kewenangan.

"Laksanakanlah tugas dengan fungsi pekerjaan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing masing. Perbanyak belajar adalah caranya untuk mencapai itu," Ujarnya.

Kemudian dalam memotivasi diri dalam bekerja, Bupati menghimbau seluruh aparatur sipil negara di lingkup itu harus menerapkan C3D2I (Cerdas, Cepat, Cermat, Dedikasi, Disiplin, dan Imajinasi).

Bekerja dengan cerdas kita bisa bekerja diluar kompetensi, yaitu dengan cerdas dan kemampuan yang mengkoordinir bawahan. Bekerja cepat, mana yang kita bisa kerjakan hari ini laksanakan hari ini jangan ditunda tunda.

Kemudian bekerja secara cermat dengan teliti dan pahami aturan perundangan dan jangan sampai menyalahi undang undang.

Selanjutnya 2D dimaksud adalah Dedikasi kepada pekerjaan yang digeluti meski waktu singkat selama ramadhan bisa melebihi waktu dari hari biasanya dan Disiplin dan patuh kepada nilai yang dipercayakan sepeti tingkat kehadiran tepat waktu dan apel pagi.

Terakhir Imajinasi, bagaimana kemampuan pikiran kita dalam menciptakan imajinasi untuk memotivasi staf kita dan masyarakat sehingga bisa memunculkan stimulan yang positif dan maksimal. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar