Lonjakan arus mudik Padang-Payakumbuh diprediksi H-3

id arus mudik,mudik lebaran,operasi ketupat

Lonjakan arus mudik Padang-Payakumbuh diprediksi H-3

(ANTARA FOTO/FENY SELLY)

Lubukbasung (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Agam, Sumatera Barat memprediksi lonjakan arus mudik di jalang nasional menghubungkan Padang menuju Payakumbuh terjadi pada H-3 Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Agam, Syahrul Hamidi di Lubukbasung, Rabu, mengatakan arus mudik meningkat pada H-3 itu karena perantau Sumbar dari Sumatera Utara, Riau dan daerah lainya akan bertolak ke kampung halamannya.

"Puncak arus mudik itu akan terjadi pada H-1 Idul Fitri dan arus balik pada H-6," katanya.

Ia mengatakan saat arus mudik itu akan terjadi kemacetan di tiga titik ruas jalan nasional di Padang Lua sampai Jambu Aia Kecamatan Banuhampu, Tanjung Alam Kecamatan Ampekangkek dan Baso Kecamatan Baso yang disebabkan karena daerah itu terdapat pasar tradisiional, pintu masuk ke Kota Bukittinggi.

"Tiga titik itu merupakan daerah rawan macet saat arus mudik," tegasnya.

Untuk mengantisipasi kemacetan itu, Dishub Agam menyedikan jalan alternatif

Padang menuju Payakumbuh melalui Koto Baru, Sungaipua, Simpang Canduang.

Sedangkan Padang Panjang menuju Lubukbasung melalui Simpang Sungai Landia dan Sungai Tanang.

Lubukbasung menuju Bukittinggi melalui Simpang Panta dan Ngarai Sianok. Payakumbuh menuju Padang melalui Simpang Canduang, Biaro, Tanjung Alam dan Simpang Koto Baru.

Sementara Padang menuju Pasaman melewati Koto Baru, Sungaipua, Tanjung Alam dan By Pass. Padang Bukittinggi melalui Sicincin, Malalak, Ampek Koto dan Panta.

"Kondisi jalan alternatif ini layak untuk dilalui kendaraan roda empat. Kita juga mendirikan tiga pos taktis di lokasi itu," katanya. (*)