Pemkab Solok siapkan 10 destinasi wisata unggulan sambut Lebaran

id destinasi wisata solok,libur lebaran

Pemandangan Taman Sains Pertanian BPTP Sukarami. (ANTARA SUMBAR/Tri Asmaini)

Arosuka (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat, menyiapkan 10 destinasi wisata unggulan untuk menyambut para perantau dan pengunjung pada libur lebaran 1440 Hijriah.

"10 destinasi unggulan Kabupaten Solok yang kami persiapkan seperti Alahan Panjang Resort, Pesanggrahan Danau Singkarak, Kampung Budaya Jawi-jawi, Panorama Danau Kembar, Bukik Chinangkiek," kata Kepala Dinas Pariwisata, Nasripul Romika di Arosuka, Rabu.

Selain itu, Taman Sains Pertanian Sukarami yang bekerja sama dengan Balai PengkajianTeknologi Pertanian (BPTP) Sumbar, Desa Wisata Tabek, Tugu Ayam Arosuka, Puncak Gobah Aripan, dan Janjang Saribu (tangga seribu) Sulik aie.

Ia menyebutkan 10 destinasi tersebut dapat dikunjungi dalam acara semarak lebaran 2019 di Kabupaten Solok.

Untuk daerah wisata Alahan Panjang Resort dan Pesanggrahan Singkarak, disamping ada kesenian rakyat juga ada pasar rakyat dan permainan anak-anak dalam lokasi wisata.

Nasripul mengatakan pihaknya juga melibatkan kelompok sadar wisata (pokdarwis) untuk memgamankan dan membantu pelayanan pariwisata di beberapa lokasi wisata yang dikelola nagari secara mandiri.

Acara kesenian dihadirkan dan dibantu oleh pihak ketiga yang jadwalnya disesuaikan dengan libur lebaran H+2 atau H+3.

Ia juga mengimbau pada pelaku wisata dari pihak swasta agar menjaga kebersihan tempat, memberikan kenyamanan dan pelayanan yang baik kepada pengunjung.

"Apalagi banyak para perantau yang akan pulang kampung dan mengajak kelurganya dari luar kota untuk menikmati liburan dan suasana Solok," ujarnya.

Jika, pelaku wisata dan masyarakat dapat memberikan kenyamanan, keamanan dan kepuasan saat berwisata ke Solok, tentunya pengunjung akan kembali lagi untuk menikmati wisata Solok lainnya.

Menurutnya, berbagai fasilitas pariwisata seperti tempat parkir, toilet, musholla dan kelengkapan sarana lainnya telah dibenahi pemerintah setempat untuk memuaskan hati wisatawan.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar