Ini persiapan Kota Padang Panjang ikuti Livestock Expo di Padang

id Wahid,Livestock Expo ,padang panjang ,sumbar

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pangan dan Pertanian Padang Panjang, Wahid. (Antara Sumbar/Ira Febrianti)

Padang Panjang, (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, mulai melakukan persiapan sebelum mengikuti kontes peternakan atau Livestock Expo yang dijadwalkan digelar di Padang 25 sampai 28 Juni 2019.

"Livestock Expo agenda tahunan Dinas Peternakan Sumbar. Sekarang kami sudah lakukan persiapan bersama para peternak di Padang Panjang," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pangan dan Pertanian Padang Panjang Wahid di Padang Panjang, Selasa.

Livestock Expo merupakan ajang penampilan hasil produk-produk peternakan dan kesehatan hewan yang dikemas secara terpadu dalam bentuk pameran promosi peternakan, kontes ternak, lomba asah terampil, cerdas cermat, pelayanan bakti peternakan dan kesehatan hewan, lomba seni dan olahraga.

Padang Panjang, ujarnya akan mengikuti dua kontes ternak yaitu kerbau jantan dewasa dan anak sapi simental jantan.

"Masih ada beberapa kontes ternak lain namun karena di Padang Panjang tidak ada seperti kambing PE, sapi bali, ayam kukuak balenggek dan lainnya jadi tidak ikut tampil," katanya.

Ia menerangkan sebagai daerah yang memiliki usaha sapi perah, beberapa waktu lalu pihaknya pernah mengajukan agar sapi perah masuk dalam kontes ternak namun usulan tersebut belum dapat diterima untuk dilaksanakan pada 2019 karena tidak semua daerah di Sumbar memiliki peternakan sapi perah.

Di samping menyiapkan hewan untuk kontes ternak, pihaknya juga menyiapkan rancangan stand yang menampilkan berbagai produk dari usaha peternakan.

Kegiatan itu akan menjadi sarana bagi pelaku usaha mempromosikan produknya seperti produk olahan susu, olahan makanan, olahan limbah ternak dan lainnya.

Pada pelaksanaan Livestock Expo 2017 di Solok Selatan ia menyebutkan Padang Panjang meraih peringkat ke dua dan Livestock 2018 di Pesisir Selatan daerah tersebut meraih peringkat ke tiga.

"Melalui ajang ini kami harap dapat menggenjot sektor peternakan, baik peternak, kelompok ternak, penyuluh dan petugas peternakan karena mereka juga akan ambil bagian dalam rangkaian kegiatan di Livestock Expo tersebut," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar