Pemkot Padang Panjang uji laik jalan kendaraan angkutan lebaran

id Asrul ,padang panjang,sumbar,angkutan lebaran

Wakil Wali Kota Padang Panjang, Asrul menempel striker layak jalan di salah satu bus yang sudah lulus uji laik. (Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang, (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat melakukan uji laik kendaraan angkutan lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah untuk menekan terjadinya kecelakaan yang terjadi akibat kelalaian manusia.

Pelaksanaan uji laik kendaraan diawali dengan apel gelar pasukan uji laik kendaraan di Terminal Bukit Surungan dipimpin oleh Wakil Wali Kota setempat Asrul, Selasa.

Asrul mengatakan mudik merupakan tradisi masyarakat menyambut Lebaran sehingga sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang menggunakan sarana dan prasarana untuk mudik.

Uji laik kendaraan dibutuhkan untuk memberikan jaminan secara teknis terhadap pengguna kendaraan bermotor di jalan guna mencegah atau memperkecil kemungkinan terjadinya kecelakaan

"Kendaraan yang digunakan untuk melayani warga yang akan mudik perlu diperhatikan agar perjalanan masyarakat aman dan selamat sampai tujuan," katanya.

Ia mengingatkan para petugas yang melakukan uji laik kendaraan jika menemukan angkutan lebaran yang tidak layak beroperasi agar tidak segan mengambil tindakan tegas demi keselamatan masyarakat dan pengguna jalan lain.

Usai pelaksanaan apel dan uji laik, setiap kendaraan yang telah diuji dipasangi stiker sebagai tanda kendaraan layak melayani penumpang dan melakukan perjalanan.

Pemberian stiker tersebut dilakukan sebagai pemberitahuan awal kepada masyarakat agar tidak menggunakan bus/mobil yang tidak lulus uji laik untuk bepergiaan. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar